SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Awas Hoax! Ini Dia Deretan Foto Palsu Tenggelamnya Kapal di Danau Toba

Selasa, 19 Juni 2018 11:51 by reinasoebisono | 10367 hits
Awas Hoax! Ini Dia Deretan Foto Palsu Tenggelamnya Kapal di Danau Toba
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Satu kapal dilaporkan terbalik dan tenggelam di perairan Danau Toba, Sumatera Utara pada Senin (18/6). Kapal tersebut bernama KM Sinar Bangun yang mana proses evakuasinya masih dilanjutkan pada Selasa (19/6) hari ini.

Menyusul peristiwa tersebut, tersebarlah beberapa foto yang mengklaim adalah momen detik-detik di mana kapal nahas tersebut tenggelam. Pemandangan mengerikan itu itu memperlihatkan puluhan orang berusaha menyelamatkan diri di samping kapal yang mulai tenggelam.

Namun harus berhati-hati dalam memproses informasi, Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan jika foto-foto yang beredar di media sosial itu adalah tidak benar alias hoax.


Image source: Kompas

Sutopo mengatakannya melalui akun Twitter pada hari Senin (18/6) kemarin via @Sutopo_PN. Ia pun mengonfirmasi jika foto yang beredar tersebut adalah foto tenggelamnya kapal yang ditumpangi imigran gelap yang bersumber dari mesin pencarian.

Baca juga: Melonjak, Ini Identitas Korban Tewas KM Lestari Maju di Perairan Selayar yang Jadi 29 Orang

"Lihat timeline twitter saya. Duluan saya infokan musibah kapal tenggelam di perairan Danau Toba. Lalu di medsos beredar luas foto-foto kapal tenggelam di Danau Toba. Setelah diverifikasi foto tersebut adalah foto imigran gelap yang ada di Google. Jadi tidak usah berpolemik," demikian Sutopo.

Hingga kini belum bisa dipastikan berapa jumlah penumpang kapal KM Sinar Bangun yang sebenarnya berangkat dari Pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir menuju Tigaras Parapat Kabupaten Simalungun.

Sayangnya, kata Sutopo lagi, Sutopo menyebutkan jika proses evakuasi korban tenggelamnya Kapal KM Sinar Bangun ini terkendala gelombang tinggi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Samosir, Taput, Karo, Tobasa, Humbahas, dan Simalungun dikerahkan untuk membantu evakuasi dan penanganan korban tenggelam kapal ini.

(rei)

  • HOT !
    Siapa yang tidak mengenal sosok Presiden Amerika yang kontroversial saat ini, Donald Trump. Banyaknya kontroversial yang terjadi menjadikan Donald Trump diolok dengan berbagai macam cara, salah satunya melalui dunia maya....
  • HOT !
    Persiapan jelang perhelatan Asian Games 2018 terus dilakukan, termasuk soal kriminalitas jalanan yang akhir ini marak terjadi di beberapa daerah khususnya di jantung Ibu Kota. Tak main main, para pelaku kejahatan ini memiliki berbagai macam modus untuk melumpuhkan targetnya....
  • HOT !
    Perhelatan Piala Dunia 2018 baru saja usai, tepatnya pada laga final Perancis Vs Kroasia, Minggu (15/7), dimana ajang 4 tahunan tersebut kali ini diadakan di Rusia. Kala itu, suasana kemeriahan penutupan pesta bola terbesar se dunia itu pecah saat Perancis mengangkat Trofi Emas Piala Dunia....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Myungsoo,Jiyeon,Lee Minah (OC),Kai,Jung Soojung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)