SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Awas Hoax! Ini Dia Deretan Foto Palsu Tenggelamnya Kapal di Danau Toba

Selasa, 19 Juni 2018 11:51 by reinasoebisono | 10529 hits
Awas Hoax! Ini Dia Deretan Foto Palsu Tenggelamnya Kapal di Danau Toba
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Satu kapal dilaporkan terbalik dan tenggelam di perairan Danau Toba, Sumatera Utara pada Senin (18/6). Kapal tersebut bernama KM Sinar Bangun yang mana proses evakuasinya masih dilanjutkan pada Selasa (19/6) hari ini.

Menyusul peristiwa tersebut, tersebarlah beberapa foto yang mengklaim adalah momen detik-detik di mana kapal nahas tersebut tenggelam. Pemandangan mengerikan itu itu memperlihatkan puluhan orang berusaha menyelamatkan diri di samping kapal yang mulai tenggelam.

Namun harus berhati-hati dalam memproses informasi, Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan jika foto-foto yang beredar di media sosial itu adalah tidak benar alias hoax.


Image source: Kompas

Sutopo mengatakannya melalui akun Twitter pada hari Senin (18/6) kemarin via @Sutopo_PN. Ia pun mengonfirmasi jika foto yang beredar tersebut adalah foto tenggelamnya kapal yang ditumpangi imigran gelap yang bersumber dari mesin pencarian.

Baca juga: KMP Bandeng Tenggelam Karena Cuaca Buruk, Penumpang Hilang Masih dalam Pencarian

"Lihat timeline twitter saya. Duluan saya infokan musibah kapal tenggelam di perairan Danau Toba. Lalu di medsos beredar luas foto-foto kapal tenggelam di Danau Toba. Setelah diverifikasi foto tersebut adalah foto imigran gelap yang ada di Google. Jadi tidak usah berpolemik," demikian Sutopo.

Hingga kini belum bisa dipastikan berapa jumlah penumpang kapal KM Sinar Bangun yang sebenarnya berangkat dari Pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir menuju Tigaras Parapat Kabupaten Simalungun.

Sayangnya, kata Sutopo lagi, Sutopo menyebutkan jika proses evakuasi korban tenggelamnya Kapal KM Sinar Bangun ini terkendala gelombang tinggi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Samosir, Taput, Karo, Tobasa, Humbahas, dan Simalungun dikerahkan untuk membantu evakuasi dan penanganan korban tenggelam kapal ini.

(rei)

  • HOT !
    Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27 28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea....
  • HOT !
    Indonesia bersedia menjadi tuan rumah multi event terbesar di dunia, Olimpiade, pada tahun 2032 mendatang. Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena kesuksesan yang diraih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018....
  • HOT !
    Sebuah buku tebal terlihat berada di atas meja Prabowo ketika menjalani debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/02/19) malam. Lalu buku seperti apa yang dibawa Prabowo itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)