SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tidak Disangka Ada Masjid Super Unik di Bawah 'Kolong' Tol Jakarta Utara

Sabtu, 09 Juni 2018 15:24 by reinasoebisono | 3964 hits
Tidak Disangka Ada Masjid Super Unik di Bawah 'Kolong' Tol Jakarta Utara
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Begitu banyak masjid yang cukup unik konsepnya di dunia. Mulai dari masjid berwarna serba pink hingga perpaduan dua budaya menjadi struktur bangunan rumah ibadah menawan.

Tapi yang ditunjukkan dari satu masjid di kawasan Warakas, Jakarta Utara ini beda dari yang lain. Selain memiliki nuansa oriental bak kelenteng yang begitu besar, lokasinya juga sangat langka.

Adalah Masjid Babah Alum berada di kolong tol Pelabuhan, tepatnya di Gang 21, Warakas, Jakarta Utara. Tak hanya lokasinya, namun warga juga tak menyangka jika bangunan bernuansa merah dan hijau itu adalah masjid.

Muntaha menuturkan, masjid tersebut didirikan oleh Jusuf Hamka, seorang mualaf keturunan Tionghoa yang tercatat sebagai Komisioner Independen PT Citra Marga Nusaphala Persada, perusahaan yang membangun sejumlah jalan tol di Indonesia.

Baca juga: Ayo Catat Protokol Solat di Masjid Jelang New Normal dari Dewan Masjid Indonesia!

Nama Babah Alun juga diambil dari sosok Jusuf Hamka. "Babah itu artinya bapak, sedangkan Alun nama panggilan Pak Jusuf waktu kecil. Jadi mengabadikan namanya lah" kata Muntaha mengutip Kompas.

"Kami buat begini supaya enggak ada gap antara yang China dengan pribumi, Islam, dan orang lain. Jadi kita ada kesamaan, istilahnya Bhinneka Tunggal Ika lah," kata Muntaha.

Hal unik dari masjid ini adalah pintunya yang tidak persegi panjang, melainkan kotak. Dan kubah yang menjadi ciri khas masjid tidak nampak. Maklum karena bangunan ini berada persis di bawah kolong tol.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pihak Starbucks Indonesia langsung memecat pegawainya yang melakukan aksi pelecehan seksual terhadap pelanggan, usai videonya viral di media sosial. Kini, mantan pegawai itu telah ditangkap oleh Polres Metro Jakarta Utara....
  • HOT !
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan izin pelaksanaan perluasan kawasan rekreasi Dufan atau Dunia Fantasi di Ancol sedikitnya 35 hektare (ha) dan kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol seluas lebih kurang 12 ha....
  • HOT !
    Sejak virus corona menyebar, pemerintah menegaskan agar masyarakat tetap berada di rumah saja dan tidak berpergian jika tidak ada kepentingan. Selain itu, tempat tempat usaha juga banyak yang tutup karena pandemi virus corona. Hal ini tentu saja berdampak pada perekonomian masyarakat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : munzioezy
Cast : Jung Krystal f(x), Kang Minhyuk CNBLUE and other cast

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)