SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tidak Disangka Ada Masjid Super Unik di Bawah 'Kolong' Tol Jakarta Utara

Sabtu, 09 Juni 2018 15:24 by reinasoebisono | 3863 hits
Tidak Disangka Ada Masjid Super Unik di Bawah 'Kolong' Tol Jakarta Utara
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Begitu banyak masjid yang cukup unik konsepnya di dunia. Mulai dari masjid berwarna serba pink hingga perpaduan dua budaya menjadi struktur bangunan rumah ibadah menawan.

Tapi yang ditunjukkan dari satu masjid di kawasan Warakas, Jakarta Utara ini beda dari yang lain. Selain memiliki nuansa oriental bak kelenteng yang begitu besar, lokasinya juga sangat langka.

Adalah Masjid Babah Alum berada di kolong tol Pelabuhan, tepatnya di Gang 21, Warakas, Jakarta Utara. Tak hanya lokasinya, namun warga juga tak menyangka jika bangunan bernuansa merah dan hijau itu adalah masjid.

Muntaha menuturkan, masjid tersebut didirikan oleh Jusuf Hamka, seorang mualaf keturunan Tionghoa yang tercatat sebagai Komisioner Independen PT Citra Marga Nusaphala Persada, perusahaan yang membangun sejumlah jalan tol di Indonesia.

Baca juga: Penembakan Brutal Masjid Selandia Baru Tewaskan 49 Orang, Ada 6 WNI Saat Kejadian

Nama Babah Alun juga diambil dari sosok Jusuf Hamka. "Babah itu artinya bapak, sedangkan Alun nama panggilan Pak Jusuf waktu kecil. Jadi mengabadikan namanya lah" kata Muntaha mengutip Kompas.

"Kami buat begini supaya enggak ada gap antara yang China dengan pribumi, Islam, dan orang lain. Jadi kita ada kesamaan, istilahnya Bhinneka Tunggal Ika lah," kata Muntaha.

Hal unik dari masjid ini adalah pintunya yang tidak persegi panjang, melainkan kotak. Dan kubah yang menjadi ciri khas masjid tidak nampak. Maklum karena bangunan ini berada persis di bawah kolong tol.

(rei)

  • HOT !
    Setelah uji coba MRT, kini ada perbincangan bahwa Moda Raya Terpadu (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) akan gratis bagi warga Jakarta. Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tarif 2 kendaraan umum tersebut tak mungkin gratis. Sebab menurutnya, Pemprov DKI Jakarta hanya memiliki dana terbatas dalam mengoperasikan MRT....
  • HOT !
    Berbagai hal menarik terjadi dalam debat cawapres malam tadi (17/3), di mana kedua calon wakil presiden 2019 saling beradu visi misi. Salah satu yang menarik untuk disorot adalah jumlah kata yang diucapkan oleh Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno....
  • HOT !
    Debat Pilpres Ketiga akhirnya berhasil digelar pada Minggu (17/03/19) di Hotel Sultan Senayan. Pada kesempatan itu Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno sebagai capres dihadapkan dengan pembahasan mengenai pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan sosial budaya. Selama debat yang berlangsung 2 jam itu, sejumlah janji dan pernyataan dilontarkan keduanya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)