SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jawaban Penting dari Pertanyaan Paling Umum Seputar Mudik Lewat Pantai Selatan Jawa

Senin, 11 Juni 2018 10:02 by reinasoebisono | 3069 hits
Jawaban Penting dari Pertanyaan Paling Umum Seputar Mudik Lewat Pantai Selatan Jawa
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Mudik tahun 2018 ini ada jalur baru yang bisa dilalui oleh masyarakat yang meramaikan kegiatan pulang ke kampung halaman, yaitu Pantai Selatan Jawa atau biasa disebut Pansela. Jalur satu ini disebut-sebut bisa jadi pertimbangan jalur alternatif ke kampung halaman.

Panjangnya adalah 1.405 km dengan lebar jalan 5-7 meter. Jalur ini membentang dari Banten hingga Jawa Timur, lho. Selain itu jalur ini dipastikan akan lebih sepi dibanding jalur Pantura, begitu juga tarifnya yang lebih murah.

Nah, kekurangannya, jalur Pansela ini belum sepenuhnya selesai. Ada sebagian yang belum tersambung yaitu dari Trenggalek, Tulungagung, Malang dan Banyuwangi. Selain itu, melansir Detik, ada ruas jalan yang belum filebarkan di Kebumen.

Jika dari Jakarta, pemudik bisa bertemu jalur Pansela dari Pelabuhanratu jika berencana ke Banten Selatan. Yang pergi ke Jawa Barat bagian Selatan, bisa masuk dari Garut atau Pangandaran. Tapi untuk pemudik yang ke Jawa Tengah bagian Selatan seperti Yogyakarta atau Jawa Timur, baiknya masuk Pansela dari Cilacap. Karena tinggal tancap gas lurus saja sampai Yogyakarta.

Baca juga: Waspadai Titik-titik Rawan Macet Parah di Arus Balik Mudik Lebaran 2018

Yang perlu dipersiapkan pula adalah mobil yang dalam kondisi prima, mulai dari mesin hingga ban. Bensin juga diusahakan full tank karena di jalur Pansela, SPBU hanya ada di pusat kabupaten. Jangan sampai kehabisan bensin di tengah jalur Pansela yang sepi.

Jangan lupakan kondisi fisik yang harus fit, cari tempat istirahat yang relatif ramai agar lebih aman. Terutama lokasi sepi di malam hari, jadi waspada harus selalu ditingkatkan. Asyiknya, jalur Pansela ini melewati 36 pantai yang cantik!

Pantainya pun terkenal seperti Pantai Congot, Pantai Pantai Pandansimo, Pantai Glagah, Pantai Parangtritis dan Pantai Soge. Ada juga Pantai Sawarna, Pelabuhanratu, Pantai Santolo sampai Pangandaran. Jadi, selamat menikmati perjalanan mudikmu, Dreamers!

(rei)

  • HOT !
    Aksi pengeboman sadis yang terjadi di Sri Lanka menewaskan banyak orang, tak hanya warga lokal melainkan juga turis Asing. Baru baru ini dilaporkan ada tiga anak konglomerat asal Denmark yang juga tewas dalam insiden tersebut....
  • HOT !
    Siapapun bisa mencalonkan diri sebagai pemimpin, bahkan presiden negaranya. Hal unik terjadi di Ukraina, Volodymyr Zelenskiy merupakan seorang komedian berhasil memenangkan Pemilu pada putaran kedua melawan Calon Presiden petahanan Petro Poroshenko....
  • HOT !
    Maraknya hasil pemilu yang beredar pada berbagai survey quick count di media, serta klaim kemenangan yang dilayangkan kandidat capres dan cawapres dapat berpengaruh pada situasi kondusif dan kebenaran atau fakta hasil pemilu 2019....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ayurini59
Cast : Kang Minhyuk & Krystal Jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)