SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gubernur Anies Himbau untuk Bersiap Kejutan Soal Kabar Terbaru Tong Sampah Made in Jerman Milik Jakarta

Senin, 04 Juni 2018 12:53 by reinasoebisono | 9794 hits
Gubernur Anies Himbau untuk Bersiap Kejutan Soal Kabar Terbaru Tong Sampah Made in Jerman Milik Jakarta
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Kabar pengadaan tong sampah dari Jerman untuk Pemprov DKI Jakarta masih jadi pembicaraan hangat. Soal keperluan dan kapasitas serta urgensinya masih jadi pertanyaan karena harganya yang cukup besar.

Informasi ini pertama kali ramai dibahas berawal dari screenshot situs e-Katalog LKPP. Garbage bin beroda dengan kapasitas 660 liter merek Weber itu ditulis sebanyak 2.640 buah dengan harga satuan USD 253,62 atau Rp 3.599.375,04. Ada pula ongkos kirim sebesar USD 5.581 atau Rp 79.205.552.

Kini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang angkat bicara dengan menjanjikan akan memaparkan secara lengkap mengenai tong sampah made in Jerman yang dipermasalahkan tersebut. Ia juga mengatakan akan memaparkan kejutan jika informasinya sudah lengkap.

"Ya nanti soal tong sampah saya ceritakan kalau sudah lengkap ya. Nanti siap-siap semua kejutan lagi," kata Anies mengutip Detik.

Baca juga: Anies Rombak Susunan Penjabat DKI, Inilah Daftar Nama Pejabat DKI yang Baru

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, tong sampah tersebut dibeli untuk modernisasi proses pengumpulan sampah di Jakarta yang selama ini dianggap tidak efektif dan dengan cara tradisional.

Yaitu prosesnya, tukang gerobak mengumpulkan sampah dari pemukiman, kemudian di-dumping ke Tempat Penampungan Sampah Semenara (TPS), untuk kemudian diangkat kembali ke truk sampah untuk dikirim ke TPST Bantargebang.

"Proses ini tidak efektif dan tidak efisien. Coba kita hitung berapa kali sampah itu naik turun untuk bongkar muat saja. Naik ke gerobak di masing-masing rumah, turun dari gerobak di TPS, naik ke truk sampah dan turun lagi di TPST Bantargebang, " kata Adji.

"Tahun ini, Ibu Kota juga menjadi tuan rumah Asian Games, sesuai pesan Pak Gubernur dan Pak Wagub, kita harus menjadi tuan rumah yang baik dan kita harus menorehkan catatan sejarah, salah satunya yang menjadi fokus kami di DLH ada memodernisasi dan meningkatkan layanan pengelolaan sampah," kata Adji. 

(rei)

  • HOT !
    Presiden Jokowi lagi lagi menjadi sorotan atas aksi uniknya dalam perayaan Hari Pahlawan 2018. Ia ikut bersepeda dalam acara Gowes Bandung Lautan Sepeda ditemani Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil....
  • HOT !
    Negeri Sakura, Jepang terkenal dengan kedisiplinannya. Namun selain itu, ada hal memprihatinkan yang juga dikenal sangat sering terjadi di Jepang, yaitu bunuh diri. Dan ternyata, ada kecenderungan masyarakat di sana untuk melakukan bunuh diri tergantung dari harinya....
  • HOT !
    Penyidik KPK mencari tahu soal aliran uang yang diduga diterima Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. Politikus PAN itu diperiksa sebagai saksi kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) PT Putra Ramadhan (PT Tradha)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)