SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mantan Pengacara Setya Novanto: Korupsi Kejahatan Biasa, Enggak Ada yang Berlebihan

Sabtu, 02 Juni 2018 13:15 by reinasoebisono | 7826 hits
Mantan Pengacara Setya Novanto: Korupsi Kejahatan Biasa, Enggak Ada yang Berlebihan
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Kasus yang menjerat Setya Novanto masih bergulir. Selain kasus sandiwara kecelakaannya, kasus yang menarik perhatian tentu adalah kasus megakorupsi E-KTP. Korupsi sendiri selama ini dianggap sangat merugikan negara dan masyarakat.

Namun mantan kuasa hukum Setya Novanto memberikan pemahaman lain yang cukup mengejutkan dengan mengatakan jika korupsi bukanlah kejahatan luar biasa dan hanya dianggap sebagai persoalan biasa.

Korupsi disebut sebagai kejahatan besar lantaran pelakunya mayoritas berasal dari kalangan pejabat. Pria bernama Maqdir Ismail itu pun menilai kasus korupsi bukanlah kasus yang berlebihan.

"Sebenarnya korupsi kejahatan biasa, enggak ada yang berlebihan dari itu," kata Maqdir di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (2/6).

Baca juga: Kata Setnov yang Rela Jual Rumah Lunasi Uang Pengganti Korupsi yang Dilakukannya

Lebih lanjut, Maqdir mengatakan jika masyarakat Indonesia cenderung memberi kesan korupsi sebagai kejahatan luar biasa. Padahal, dalam Undang-undang Internasional, penyalahgunaan wewenang jabatan  dalam korupsi tidak masuk sebagai kejahatan luar biasa. Maqdir menuturkan jika korupsi hanyalah kejahatan jabatan yang di dalamnya terdapat suap menyuap.

"Kita harus melihat bahwa yang aneh, korupsi kita mau kesankan sebagai kejahatan luar biasa, kalau kita lihat di Undang-Undang Internasional, khususnya kejahatan luar biasa itu tidak masuk," ungkapnya.

"Tapi sebenarnya korupsi ini kejahatan jabatan," ujarnya mengutip Liputan6. "Sepanjang kalau saya sekali lagi bahwa apa pun yang kita mau sebut korupsi ini harus ada suap menyuap," ucapnya.

(rei)

  • HOT !
    Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27 28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea....
  • HOT !
    Indonesia bersedia menjadi tuan rumah multi event terbesar di dunia, Olimpiade, pada tahun 2032 mendatang. Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena kesuksesan yang diraih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018....
  • HOT !
    Sebuah buku tebal terlihat berada di atas meja Prabowo ketika menjalani debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/02/19) malam. Lalu buku seperti apa yang dibawa Prabowo itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)