SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mantan Pengacara Setya Novanto: Korupsi Kejahatan Biasa, Enggak Ada yang Berlebihan

Sabtu, 02 Juni 2018 13:15 by reinasoebisono | 7811 hits
Mantan Pengacara Setya Novanto: Korupsi Kejahatan Biasa, Enggak Ada yang Berlebihan
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Kasus yang menjerat Setya Novanto masih bergulir. Selain kasus sandiwara kecelakaannya, kasus yang menarik perhatian tentu adalah kasus megakorupsi E-KTP. Korupsi sendiri selama ini dianggap sangat merugikan negara dan masyarakat.

Namun mantan kuasa hukum Setya Novanto memberikan pemahaman lain yang cukup mengejutkan dengan mengatakan jika korupsi bukanlah kejahatan luar biasa dan hanya dianggap sebagai persoalan biasa.

Korupsi disebut sebagai kejahatan besar lantaran pelakunya mayoritas berasal dari kalangan pejabat. Pria bernama Maqdir Ismail itu pun menilai kasus korupsi bukanlah kasus yang berlebihan.

"Sebenarnya korupsi kejahatan biasa, enggak ada yang berlebihan dari itu," kata Maqdir di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (2/6).

Baca juga: Kata Setnov yang Rela Jual Rumah Lunasi Uang Pengganti Korupsi yang Dilakukannya

Lebih lanjut, Maqdir mengatakan jika masyarakat Indonesia cenderung memberi kesan korupsi sebagai kejahatan luar biasa. Padahal, dalam Undang-undang Internasional, penyalahgunaan wewenang jabatan  dalam korupsi tidak masuk sebagai kejahatan luar biasa. Maqdir menuturkan jika korupsi hanyalah kejahatan jabatan yang di dalamnya terdapat suap menyuap.

"Kita harus melihat bahwa yang aneh, korupsi kita mau kesankan sebagai kejahatan luar biasa, kalau kita lihat di Undang-Undang Internasional, khususnya kejahatan luar biasa itu tidak masuk," ungkapnya.

"Tapi sebenarnya korupsi ini kejahatan jabatan," ujarnya mengutip Liputan6. "Sepanjang kalau saya sekali lagi bahwa apa pun yang kita mau sebut korupsi ini harus ada suap menyuap," ucapnya.

(rei)

  • HOT !
    Perundingan Rumah Eko akhirnya temui titik terang, kini rumah yang terkepung tetangganya itu memiliki akses jalan masuk dan keluar....
  • HOT !
    Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden pilpres  2019 telah ditentukan,  yakni pasangan Jokowi Ma’ruf dan Prabowo Sandi....
  • HOT !
    Beberapa waktu lalu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan telah melaporkan dua akun Instagram ke Bareskrim Mabes Polri, karena dinilai menyebarkan hoak yang mengandung ujaran kebencian....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : SJFF_INA
Cast : Lee Donghae Park Sang-Mi Choi Hye-Jin Lee Donghyun (Donghae appa) Oh Hye-Sun (Donghae eomma)Dong

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)