home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waspadai Beberapa Daerah Jalur Mudik Rawan Bencana Karena Potensi Hujan

Jumat, 01 Juni 2018 07:00 by reinasoebisono | 2098 hits
Waspadai Beberapa Daerah Jalur Mudik Rawan Bencana Karena Potensi Hujan
Image source: Viva

DREAMERS.ID - Cuaca juga wajib masuk dalam daftar pemudik sebagai referensi pemilihan jalur dan waktu perjalanan. Makin mendekati hari sibuk setiap tahunnya yaitu Lebaran atau Idul Fitri, Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Jawa Barat, M Guntoro mengungkapkan beberapa daerah yang masih terbilang rawan.

Salah satunya adalah perbaikan jalur mudik Parung Panjang di Kabupaten Bogor yang dinyatakan tidak siap untuk arus Lebaran tahun 2018 karena proyek berat betonisasi sepanjang 10 kilometer masih dalam proses penyelesaian sampai sekarang.

Karena berbeda dengan jalur mudik daerah Jawa lainnya, perbaikan jalan Bogor ini dipastikan tidak akan tuntas pada musim mudik tahun ini. Namun dinilai tidak bergitu menimbulkan masalah karena memang bukan jalur favorit pemudik.

Baca juga: Kereta Wisata Lebaran Ludes Terjual, Ke Mana Sebenarnya Destinasi Favorit Masyarakat?

Jalur mudik lain yang masih dalam perbaikan yaitu Kadipaten di Kabupaten Majalengka, Sumber di Kabupaten Cirebon, jalur lingkar Sukabumi, Pelabuhan Ratu dan Cikamurang Kabupaten Sumedang. Melansir Viva, perbaikan ini dipastikan akan selesai H-7 menuju Lebaran.

Menurutnya, infrastruktur pendukung tela terpasang di seluruh jalur mudik baik di jalur tengah maupun Selatan Jawa. Namun arus mudik 2018 ini diprediksi memiliki potensi cuaca hujan yang mendapat perhatian pihak berwenang pula.

Ada enam titik jalur mudik menjadi sorotan mayoritas berada di wilayah jalur Selatan. Antara lain adalah Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Bandung dan Kabupaten Garut. "Kita antisipasi longsor, pohon tumbang juga disiapkan pos - pos pekerja," katanya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)