SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hitung-hitungan JK Soal Gaji Ratusan Juta Megawati di BPIP: Masih Lebih Besar Gaji Menteri

Kamis, 31 Mei 2018 10:22 by reinasoebisono | 6233 hits
Hitung-hitungan JK Soal Gaji Ratusan Juta Megawati di BPIP: Masih Lebih Besar Gaji Menteri
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Besaran hak keuangan pejabat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) masih menjadi siritan setelah Perpresnya diteken Presiden Jokowi. Kepala BPIP, Megawati Soekarnoputri pun dirinci mendapat hak keuangan sekitar Rp 112 juta.

Setelah mendapat komentar dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, kini Wakil Presiden Jusuf Kalla turut memberi perhitungan terhadap jumlah hak keuangan yang diberikan tersebut. Menurutnya, besaran gaji pejabat BPIP tak jauh beda dengan menteri.

"Kalau Anda bandingkan dengan menteri, menteri itu memang gaji take home pay-nya kecil," kata JK melansir Detik.

Baca juga: Kabar Bahagia dan Menyedihkan Bercampur Jadi Satu di Berita Paling Populer Sepekan Dreamers.id

Menurut Perpres No 42/2018, hak keuangan Ketua Dewan Pengarah adalah Rp 112.548.000 dan anggotanya masing-masing Rp 100.811.000. Sedangkan Kepala Pelaksana BPIP adalah Rp 76.500.000. Angka ini tertulis dalam bagian Lampiran pada Perpres tersebut.

Pada Pasal 1 Perpres itu ditulis pejabat BPIP diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya setiap bulan. Namun di bagian Lampiran tak tertulis apakah hak keuangan yang tercantum diberikan setiap bulan. Menurut JK, gaji pejabat BPIP sebenarnya kisaran Rp 5 juta, seperti yang dikemukakan oleh Menkeu Sri Mulyani.

"Jadi kalau ditotal, menteri juga hampir--mungkin lebih tinggi--daripada Ibu Mega (Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri) dan bapak-bapak yang lain. Dan itu jumlah itu (Gaji Megawati) semua ada di situ, di samping gaji. Jadi (gaji) pokoknya Rp 5 juta, tapi biaya transportasi, biaya keluar, biaya macam-macam, biaya rumah, biaya komunikasi, semua dijadikan jadi satu," papar JK.

Sementara untuk gaji pokok menteri, dipisahkan dengan tunjangan lainnya sehingga terkesan gaji menteri terlihat lebih kecil. "Tapi tunjangannya (menteri), ada tunjangan kinerja, ada tunjangan bebas rumah, tidak perlu kontrak dan sebagainya," kata JK.

(rei)

  • HOT !
    Banyak berita mengejutkan mewarnai minggu ketiga di bulan Juni ini, baik dari dalam negeri maupun luar negeri seperti Hollywood dan Korea yang menarik perhatian pembaca Dreamers.id. Dari dalam negeri khususnya dihebohkan dengan peristiwa nahas yang menimpa seorang wanita yang tewas ditelan ular piton di daerah Sulawesi Utara....
  • HOT !
    Pemerintah akan menetapkan hari pencoblosan saat Pilkada Serentak tanggal 27 Juni 2018 mendatang sebagai hari libur nasional. Hal ini akan secepatnya tertuang dalam Keputusan Presiden yang sedang disusun oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg), meski belum diketahui kapan akan diterbitkan....
  • HOT !
    Salah satu industri pariwisata kebanggaan Indonesia tercoreng karena ulah oknum tak bertanggungjawab yang mengaku sebagai tour guide atau pemandu wisata namun malah berperilaku tak senonoh dan mengancam wisatawan asing....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : bellecious0193
Cast : Wu Yi Fan aka Kris Wu, Lee Na Ra (oc), Cho Kyuhyun, Lee Hea Ae (oc), Oh Sehun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)