SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hitung-hitungan JK Soal Gaji Ratusan Juta Megawati di BPIP: Masih Lebih Besar Gaji Menteri

Kamis, 31 Mei 2018 10:22 by reinasoebisono | 6290 hits
Hitung-hitungan JK Soal Gaji Ratusan Juta Megawati di BPIP: Masih Lebih Besar Gaji Menteri
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Besaran hak keuangan pejabat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) masih menjadi siritan setelah Perpresnya diteken Presiden Jokowi. Kepala BPIP, Megawati Soekarnoputri pun dirinci mendapat hak keuangan sekitar Rp 112 juta.

Setelah mendapat komentar dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, kini Wakil Presiden Jusuf Kalla turut memberi perhitungan terhadap jumlah hak keuangan yang diberikan tersebut. Menurutnya, besaran gaji pejabat BPIP tak jauh beda dengan menteri.

"Kalau Anda bandingkan dengan menteri, menteri itu memang gaji take home pay-nya kecil," kata JK melansir Detik.

Baca juga: Curhat SBY Jelang Pilpres 2019: Hubungan Saya dengan Ibu Megawati Belum Pulih

Menurut Perpres No 42/2018, hak keuangan Ketua Dewan Pengarah adalah Rp 112.548.000 dan anggotanya masing-masing Rp 100.811.000. Sedangkan Kepala Pelaksana BPIP adalah Rp 76.500.000. Angka ini tertulis dalam bagian Lampiran pada Perpres tersebut.

Pada Pasal 1 Perpres itu ditulis pejabat BPIP diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya setiap bulan. Namun di bagian Lampiran tak tertulis apakah hak keuangan yang tercantum diberikan setiap bulan. Menurut JK, gaji pejabat BPIP sebenarnya kisaran Rp 5 juta, seperti yang dikemukakan oleh Menkeu Sri Mulyani.

"Jadi kalau ditotal, menteri juga hampir--mungkin lebih tinggi--daripada Ibu Mega (Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri) dan bapak-bapak yang lain. Dan itu jumlah itu (Gaji Megawati) semua ada di situ, di samping gaji. Jadi (gaji) pokoknya Rp 5 juta, tapi biaya transportasi, biaya keluar, biaya macam-macam, biaya rumah, biaya komunikasi, semua dijadikan jadi satu," papar JK.

Sementara untuk gaji pokok menteri, dipisahkan dengan tunjangan lainnya sehingga terkesan gaji menteri terlihat lebih kecil. "Tapi tunjangannya (menteri), ada tunjangan kinerja, ada tunjangan bebas rumah, tidak perlu kontrak dan sebagainya," kata JK.

(rei)

  • HOT !
    Presiden Jokowi lagi lagi menjadi sorotan atas aksi uniknya dalam perayaan Hari Pahlawan 2018. Ia ikut bersepeda dalam acara Gowes Bandung Lautan Sepeda ditemani Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil....
  • HOT !
    Negeri Sakura, Jepang terkenal dengan kedisiplinannya. Namun selain itu, ada hal memprihatinkan yang juga dikenal sangat sering terjadi di Jepang, yaitu bunuh diri. Dan ternyata, ada kecenderungan masyarakat di sana untuk melakukan bunuh diri tergantung dari harinya....
  • HOT !
    Penyidik KPK mencari tahu soal aliran uang yang diduga diterima Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. Politikus PAN itu diperiksa sebagai saksi kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) PT Putra Ramadhan (PT Tradha)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)