home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pengakuan Mengejutkan Teroris Tertuntut Mati Sebut Bomber Surabaya Sakit Jiwa dan Frustrasi

Jumat, 25 Mei 2018 17:00 by reinasoebisono | 12163 hits
Pengakuan Mengejutkan Teroris Tertuntut Mati Sebut Bomber Surabaya Sakit Jiwa dan Frustrasi
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Terdakwa kasus terorisme Aman Abdurrahman yang dituntut hukuman mati oleh jaksa hari ini, Jumat (25/5), menjalani sidang pledoi atau pembelaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam keterangannya, Aman mengatakan hal cukup mengejutkan karena berbeda dari pemahaman soal jihad di mata masyarakat selama ini.

Teroris disebut melakukan bom bunuh diri sebagai jihad, membela dan berperang di jalan Tuhan. Namun Aman mengatakan hanya orang-orang sakit jika yang menamakan serangkaian teror tersebut sebagai jihad, mengutip laman Kompas.

"Dua kejadian (teror bom) di Surabaya itu saya katakan, orang-orang yang melakukan, atau merestuinya, atau mengajarkan, atau menamakannya jihad, adalah orang-orang yang sakit jiwanya dan frustrasi dengan kehidupan," ujar Aman.

"Kejadian dua Ibu yang menuntun anaknya terus meledakkan diri di parkiran gereja adalah tindakan yang tidak mungkin muncul dari orang yang memahami ajaran Islam dan tuntutan jihad, bahkan tidak mungkin muncul dari orang yang sehat akalnya," katanya lagi.

Baca juga: Tervonis Hukuman Mati Teroris Aman Abdurrahman Akan Segera Dieksekusi

Menurut Aman, ajaran-ajaran Islam berlepas diri dari tindakan atau aksi seperti yang terjadi di Surabaya. Menurutnya, Islam tidak mengajarkan aksi bunuh diri yang mencelakai orang lain, terlebih membawa anak sendiri dalam aksinya.

"Kejadian seorang ayah yang membonceng anak kecilnya dan meledakkan diri di depan kantor polisi, si anak terpental dan alhamdulillah masih hidup, tindakan itu merupakan tindakan keji dengan dalih jihad," ucap Aman.

Aman Abdurrahman sendiri disebut-sebut sebagai pimpinan jaringan Jamaah AnsharutDaulah (JAD) yang dikaitkan pada sejumlah serangan teroris. Sebut saja bom Thamrin, bom Kampung Melayu dan penyerangan Polda Sumatera Utara. Namun Aman membantah dan mengatakan baru mengetahui peristiwa teror tersebut ketika di persidangan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)