SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bom di Jatim Gunakan 'The Mother of Satan' yang Biasa Jadi 'Favorit' di Kalangan ISIS

Senin, 14 Mei 2018 14:19 by zia92 | 1579 hits
Bom di Jatim Gunakan 'The Mother of Satan' yang Biasa Jadi 'Favorit' di Kalangan ISIS
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Dalam beberapa hari terakhir sejumlah ledakan bom terjadi di Surabaya dan Sidoarjo yang telah menewaskan belasan orang dan puluhan lainnya terluka. Pihak kepolisian pun telah mengidentifikasi jenis bom yang digunakan pelaku.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut tiga ledakan gereja di Surabaya pada Minggu (13/5) pagi serta ledakan di rusunawa di Sidoarjo menggunakan bom yang sama. Bom tersebut berjenis bom pipa dengan bahan peledak triacetone triperoxide (TATP), yang termasuk high explosive.

Menurut Tito, bom jenis itu memang lekat dengan kelompok ISIS. "Bahan peledaknya diduga TATP yang dikenal di kalangan kelompok ISIS di Suriah dan Irak," kata Tito dalam jumpa pers di Mapolda Jawa Timur, Senin (14/5), mengutip Detik.

Baca juga: Ledakan di Cilacap, Polisi Pastikan Berasal dari Bom Palsu

Tito juga mengatakan bahwa bahan peledak TATP itu sangat berbahaya sehingga mendapat julukan yang cukup seram. "Saking bahayanya, dinamakan 'The Mother of Satan' karena daya ledaknya tinggi," imbuh Tito.

Selain itu, Tito mengatakan jenis bom tersebut berbeda dengan bom berjenis TNT atau trinitrotoluene karena diperlukan detonator untuk meledakkannya. "Di sini (TATP) dengan guncangan atau panas bisa meledak sendiri," kata Tito.

(fzh)

  • HOT !
    Negara negara maju biasanya memiliki biaya hidup yang tinggi, dan baru baru ini survei tahunan yang dibuat oleh Economist Intelligence Unit. Pertama kalinya dalam tiga dekade terakhir, tiga kota menempati urutan teratas daftar kota termahal....
  • HOT !
    Sebelum menjadi pengusaha ternama hingga mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada pilpres 2019, Sandiaga Uno hanya seorang laki laki biasa dan seorang suami dari keluarga kecil dan sederhana. Ia bahkan mengaku sempat menjadi pengangguran....
  • HOT !
    Penampilan Ma’ruf Amin di debat Pilpres ketiga menyisakan beragam pendapat. Digelar pada Minggu (17/03/19) malam di Hotel Sultan Senayan, tercatat Ma’ruf Amin melontarkan beberapa istilah istilah yang menarik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)