SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bom di Jatim Gunakan 'The Mother of Satan' yang Biasa Jadi 'Favorit' di Kalangan ISIS

Senin, 14 Mei 2018 14:19 by zia92 | 1520 hits
Bom di Jatim Gunakan 'The Mother of Satan' yang Biasa Jadi 'Favorit' di Kalangan ISIS
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Dalam beberapa hari terakhir sejumlah ledakan bom terjadi di Surabaya dan Sidoarjo yang telah menewaskan belasan orang dan puluhan lainnya terluka. Pihak kepolisian pun telah mengidentifikasi jenis bom yang digunakan pelaku.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut tiga ledakan gereja di Surabaya pada Minggu (13/5) pagi serta ledakan di rusunawa di Sidoarjo menggunakan bom yang sama. Bom tersebut berjenis bom pipa dengan bahan peledak triacetone triperoxide (TATP), yang termasuk high explosive.

Menurut Tito, bom jenis itu memang lekat dengan kelompok ISIS. "Bahan peledaknya diduga TATP yang dikenal di kalangan kelompok ISIS di Suriah dan Irak," kata Tito dalam jumpa pers di Mapolda Jawa Timur, Senin (14/5), mengutip Detik.

Baca juga: Ledakan Kembali Terjadi di Polrestabes Surabaya

Tito juga mengatakan bahwa bahan peledak TATP itu sangat berbahaya sehingga mendapat julukan yang cukup seram. "Saking bahayanya, dinamakan 'The Mother of Satan' karena daya ledaknya tinggi," imbuh Tito.

Selain itu, Tito mengatakan jenis bom tersebut berbeda dengan bom berjenis TNT atau trinitrotoluene karena diperlukan detonator untuk meledakkannya. "Di sini (TATP) dengan guncangan atau panas bisa meledak sendiri," kata Tito.

(fzh)

  • HOT !
    Salah satu cara menanggulangi menumpuknya sampah di suatu daerah tentu dengan mendaurnya ulang. Semakin terpilah sampahnya, semakin mudah mendaurnya....
  • HOT !
    Salah satu terduga teroris yang digerebek di daerah Kunciran, Tangerang beberapa hari terakhir jadi pembicaraan. Bukan karena aksinya, namun karena warga sekitar yang mengenalnya tak menyangka dirinya terlibat aksi teror....
  • HOT !
    Aman Abdurrahman yang juga pemimpin JAD atau Jamaah Ansharut Daulah yang juga terdakwa kasus teroris hari Jumat (18/5) ini dituntut hukuman mati oleh jaksa. Pihak JPU menilai Aman terbukti merencanakan serangkaian aksi terorisme di Indonesia dan menyebarkan paham radikalisme....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)