SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Gempa Bumi Bikin Emas Semakin Banyak

Selasa, 19 Maret 2013 17:50 by miko | 3339 hits
Wow, Gempa Bumi Bikin Emas Semakin Banyak
detik

Dibalik musibah gempa bumi ternyata ada berkah yang diberikan alam kepada umat manusia. Hasil penelitian yang dipublikasikan Jurnal Nature Geoscience melaporkan bahwa gempa bumi mampu mengakumulasi emas murni yang ada dilapisan kerak bumi.

Dilansir dari AFP, formasi emas terbentuk ketika getaran dari gempa bumi membuka rongga berisi cairan yang di didalam lapisan kerak bumi dan menyebabkan terjadinya penurunan seketika pada tekanan yang ada di rongga tersebut.

Akibat penurunan tekanan yang secara tiba-tiba mengakibatkan cairan tersebut mengembang secara cepat dan menguap. Akibatnya partikel emas yang pada awalnya larut dalam cairan maka saat itu juga langsung mengendap.

“Oleh karena itu, peristiwa gempa bumi yang terjadi berulang kali, mungkin dapat membangun akumulasi emas (di kerak bumi) yang bernilai ekonomis,” ungkap peneliti dalam publikasinya.

Baca juga: Detik-detik Kepanikan Gempa Langka Terbesar Guncang Korea Selatan

Tak hanya itu, peneliti juga mengatakan kebanyakan kandungan emas didunia berasal dari urat kuarsa yang terbentuk pasa masa periode geologis pembentukan gunung selama 3 miliar tahun lalu. Urat kuarsa inilah yang terbentuk saar gempa. Namun fluktuasi besaran tekanan dan bagaimana mendorong proses mineralisasi emas masih belum diketahui.

Peneliti yang terlibat dalam penelitian ini menyimulasi penurunan tekanan yang terjadi pada rongga sesar berisi cairan saat terjadi gempa bumi menggunakan model numerik.

Hasil penelitian ini ternyata mampu menjawab pertanyaan tentang sumber daya emas dunia, khususnya mengenai bagaimana logam tersebut bisa terkonsentrasi dari bentuk larutan menjadi padatan yang bisa ditambang.

Hasil kajian ini juga menyatakan bahwa satu getaran peristiwa gempa bumi tidak akan bisa membentuk kumpulan emas yang bisa ditambang. Getaran tersebut hanya akan membentuk satu lapisan tipis saja. Tim peneliti menuliskan, untuk menciptakan kumpulan emas seberat 100 ton, sedikitnya dibutuhkan waktu kira-kira 100.000 tahun.

Komentar
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....
  • HOT !
    Setya Novanto akhirnya mengundurkan diri sebagai Ketua DPR RI melalui sebuah surat. Bersamaan dengan surat pengunduran diri tersebut Novanto juga menunjuk Azis Syamsuddin sebagai Ketua DPR RI baru yang akan menggantikan dirinya. Keputusan sepihak itu lantas menuai kontroversi....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)