home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berantas Korupsi dari 'Lalat Hingga Macan', Pimpinan Partai Komunis Tiongkok Dihukum Seumur Hidup!

Selasa, 08 Mei 2018 16:20 by muthiasp | 1632 hits
Berantas Korupsi dari 'Lalat Hingga Macan', Pimpinan Partai Komunis Tiongkok Dihukum Seumur Hidup!
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Meski sebagai negara yang berbasis komunis, namun pemerintah Tiongkok rupanya tidak segan-segan untuk ‘membasmi’ sesama rekan-rekannya sendiri jika itu menyangkut hal yang membahayakan negara, salah satunya tindak pidana korupsi.

Sejak resmi menyandang jabatan sebagai Presiden pada tahun 2012 lalu, Xi Jinping menyatakan siap melakukan operasi pembasmian korupsi besar-besaran. Tak tanggung-tanggung, target penyelidikan korupsi tanpa mengenal status, mulai dari pejabat kecil hingga yang tertinggi atau istilahnya ‘lalat hingga macan’.

Ribuan politikus, pejabat militer, dan para petinggi di Tiongkok sudah mendapat hukuman penjara akibat terbukti melakukan tindak korupsi, salah satunya Sun Zhengcai. Ia merupakan politikus sekaligus pimpinan dari Partai Komunis China. Saat diadili, Sun terbukti melakukan korupsi besar.

Baca juga: Terungkap Detil Kasus Korupsi Hingga Diskriminasi Siswa di Sekolah Seni Populer Korea

Dilansir dari laman Kumparan (08/05), Sun Zhengcai mengaku menerima suap sebesar USD 27 juta atau setara 379 miliar rupiah. Pengadilan pun menjatuhkan vonis penjara seumur hidup kepadanya tanpa ada banding, “Setelah menjatuhkan vonis, Sun mengakui kesalahannya, menyatakan akan bertobat dan tak akan banding," sebut seorang pejabat kota Tianjing seperti dikutip dari Reuters.

Sebelum resmi dijatuhi hukuman tersebut, Sun Zhengcai lebih dahulu dilengserkan dari jabatannya sebagai pimpinan Partai Komunis Chongqing yang merupakan salah satu kota penting di China, pada Juli lalu. Jaksa setempat menyatakan, Sun berulang kali menerima uang sogokan ketika menjabat berbagai posisi penting di Chongqing, dan diduga kuat dimulai Sun 15 tahun lalu.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Melakukan verifikasi data diri dengan cara memberikan foto selfie dengan KTP mungkin bukan hal yang baru bagi banyak orang. Namun sebaiknya masyarakat harus hati hati ketika memberikan hal tersebut karena bisa membahayakan diri....
  • HOT !
    Setelah sempat terdengar kabar pemerintah akan membatalkan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28 dan 30 Oktober, dengan alasan karena dapat berpotensi meningkatkan kasus penularan Covid 19. Akhirnya pemerintah memutuskan untuk tidak membatalkan cuti bersama tersebut....
  • HOT !
    Manusia terus bereksprimen untuk bisa terbang tanpa pesawat. Baru baru ini, seorang pria kembali terlihat terbang di langit Los Angeles tepatnya di dekat Bandara Internasional Los Angeles dengan menggunakan jetpack....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)