SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pohon Terbesar Didunia Ada di Indonesia

Selasa, 19 Maret 2013 09:00 by miko | 8754 hits
Pohon Terbesar Didunia Ada di Indonesia
green.web.id

Perusakan hutan di Indonesia telah mencapai tahap mengkhawatirkan. Sehingga banyak pohon ratusan tahun ditebang. Tapi baru-baru ini, di Indonesia ditemukan sebuah pohon dengan ukuran yang besar dan menjadi pohon terbesar di dunia dan diperkirakan berusia 1000 tahun.

Dalam sebuah ekspedisi yang dilakukan di Taman Nasional Kutai (TNK) Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, terdapat pohon terbesar di dunia dengan ukuran mencapai 2,47 meter dengan tinggi mencapai 20 meter.

Menurut Sarjo, penjaga hutan kawasan TNK ini mengaku pertama kali menemukan pohon ulin tersebut pada tahun 1993, ketika sedang menemani peneliti asal Jepang, Putuka Watanabe, yang melakukan penelitian spesies dalam proyek Kyoto University.

Tak hanya itu, Ia juga menjelaskan bahwa pertumbuhan ulin setiap tahun hanya 0,5 cm sehingga usia pohon ini diperkirakan lebih kurang seribu tahun.

Baca juga: Punya Niat Mulia, Pria Ini Hebohkan Netizen dengan Buat Pohon Natal Berbentuk Spiral

“Tingginya saat ini sekitar 20 meter, diduga akibat terkena petir. Sebelumnya diperkirakan lebih 30 meter. Kondisi pohon ini masih hidup. Saat itu (tahun 1993) masih berdiameter 2 meter 41 sentimeter dengan tinggi mencapai 20 meter. Kini, diameternya menjadi 2 meter 47 cm,” ungkapnya.

Sarjo mengaku temuan ulin terbesar dan tertua di dunia itu sudah dibenarkan Profesor Nengah Wirawan dari Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

“Pak Prof Nengah Wirawan yang juga melakukan penelitian di TNK juga membenarkan bahwa pohon itu merupakan ulin tertua di dunia,” tuturnya.

“Kita harus bangga sebab ada sebuah pohon terbesar di dunia dan tertua yang sampai saat masih tetap terjaga. Kami berharap, seluruh masyarakat maupun pihak terkait dapat menjaga dan melestarikan keberadaan kayu ulin, khususnya yang terbesar itu. Sebab selama ini ulin masih masih menjadi incaran utama para pelaku pencurian kayu,”  ucap Kepala Balai TNK, Erli Sukrismanto.

  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
  • HOT !
    Perkara kasus megakorupsi E KTP masih terus bergulir dengan sejumlah fakta baru terungkap. Pada Senin (21/5) kemarin, keponakan Setya Novanto yaitu Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Direktur PT Quadra Solutions, Anang Sugiana Sudihardjo....
  • HOT !
    Masih dengan hiruk pikuk kewaspadaan masyarakat terhadap serangan teroris yang melanda Indonesia, netizen juga memiliki beberapa berita favorit sendiri selama sepekan terakhir....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)