home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Didemo Habis, Bahayanya Jika Ojek Online Dipaksakan Jadi Angkutan Umum

Senin, 23 April 2018 13:43 by reinasoebisono | 5973 hits
Didemo Habis, Bahayanya Jika Ojek Online Dipaksakan Jadi Angkutan Umum
Image source: Suara

DREAMERS.ID - Dilema dunia transportasi online masih bergulir hingga mengakibatkan aksi damai akbar 234 alias aksi pada 23 April 2018. Mereka mengajak para ojek online untuk menuntut regulasi serta tarif yang layak dan manusiawi untuk para pengemudi.

Sebenarnya, kendaraan roda dua telah diatur dalam Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mengatur kendaraan roda dua dapat menjadi angkutan orang. Akan tetapi tidak dapat menyelenggarakan angkutan umum orang dan/atau barang.

"Karena kendaraan roda dua bukan kendaraan bermotor umum, tetapi kendaraan bermotor perseorangan," kata Djoko Setijowarno, pengamat transportasi dari Universitas Katolik Soegijapranata mengutip Suara.

Yang jadi pembeda antara kendaraan bermotor umum atau bermotor perseorangan hanya pada adanya pungutan bayaran. "Karena pertimbangan faktor keselamatan, keamanan, dan kenyamanan, sepeda motor tidak dimasukkan sebagai kendaraan bermaksud umum," jelasnya.

Baca juga: Ojek Online Justru Diuntungkan dengan Adanya Omnibus Law?

Masa transisi seperti inilah yang sensitif, karena ada aturan yang mengatur roda dua menjadi angkutan termasuk ojek online. Aturan itu harus mengatur wilayah operasional, jam operasional, besaran tarif, kuota, jenis roda dua yang diijinkan.

Di saat para ojek online menuntut tarif yang layak, beberapa pihak juga mendesak pemerintah untuk tidak membiarkan roda dua terlalu lama menjadi angkutan perseorangan. Jika sesuai prosedur dan peraturan, sepeda motor yang digunakan untuk mengangkut penumpang wajibmengenakan pelat kuning dengan huruf berwarna hitam. Pengemudi jika wajib mengenakan jaket khusus khusus sesuai perusahaan jasanya.

"Sungguh tidak menyehatkan kehidupan publik jika roda dua dipaksakan jadi angkutan umum. Pasti keselamatan kurang terjamin dan angka kecelakaan tidak akan menurun," tutupnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)