SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Divonis Lebih Rendah dari Tuntutan Jaksa, Akankah Mantan Presiden Korsel Park Geun Hye Ajukan Banding?

Jumat, 13 April 2018 12:05 by muthiasp | 1232 hits
Divonis Lebih Rendah dari Tuntutan Jaksa, Akankah Mantan Presiden Korsel Park Geun Hye Ajukan Banding?
Image source: Yonhap News

DREAMERS.ID - Pada Jumat (06/04) minggu lalu menjadi hari yang mendebarkan bagi seluruh warga Korea Selatan karena bertepatan dengan hari dijatuhinya hukuman bagi Mantan Presiden Park Geun Hye. Hukuman penjara dan denda pun resmi dijatuhkan, namun lebih rendah dari tuntutan jaksa.

Dilansir dari laman outlet berita lokal, Chosun Ilbo, Park Geun Hye dan dijatuhi hukuman penjara selama 24 tahun dan denda sebanyak 234,4 miliar rupiah. Tuntutan itu sebenarnya lebih rendah dari yang diajukan oleh jaksa pada sidang sebelumnya, yaitu 30 tahun penjara.

Ia terbukti bersalah atas dakwaan penyalahgunaan kekuasaan dan menerima suap dari Samsung, Lotte, dan perusahan konglomerat lainnya. Ia juga membuat daftar hitam atau memblokir sejumlah selebriti dan seniman lain yang dianggap tidak mendukung kebijakannya.

Baca juga: Mantan Presiden Korsel, Park Geun Hye Dijatuhi Hukuman 25 Tahun Penjara Atas Kasus Korupsi

Serta dakwaan membocorkan rahasia negara ke sahabatnya Choi Soon Sil. Pihak pengadilan mengungkapkan jika hukuman berat tidak bisa dihindari karena Park Geun Hye selalu membantah dakwaan tersebut dan justru mengalihkan kesalahannya itu ke Choi Soon Sil dan bawahan lainnya. Ia juga disebut tidak kooperatif selama masa sidang.

Pada hari dijatuhkan hukuman itu, baik Park Geun Hye maupun tim pengacaranya tidak menghadiri sidang karena putusan disiarkan langsung, sesuai dengan perubahan undang-undang pada bulan Juli lalu. Namun tim pengacara diprediksi akan mengajukan banding atas vonis tersebut ke Mahkamah Agung, yang mana bisa memakan waktu sekitar satu tahun.

Sementara itu, Choi Soon Sil yang merupakan sahabat dari Park Geun Hye sudah dijatuhi hukuman tiga tahun penjara atas kasus suap terhadap universitas elit. Serta mantan presiden Lee Myung Bak juga telah ditahan atas kasus korupsi.

(mth)

  • HOT !
    Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27 28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea....
  • HOT !
    Indonesia bersedia menjadi tuan rumah multi event terbesar di dunia, Olimpiade, pada tahun 2032 mendatang. Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena kesuksesan yang diraih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018....
  • HOT !
    Sebuah buku tebal terlihat berada di atas meja Prabowo ketika menjalani debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/02/19) malam. Lalu buku seperti apa yang dibawa Prabowo itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)