SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Antara Mengejutkan dan Tidak, Mantan Wapres Boediono Diminta Jadi Tersangka Korupsi oleh Pengadilan

Kamis, 12 April 2018 11:02 by reinasoebisono | 1230 hits
Antara Mengejutkan dan Tidak, Mantan Wapres Boediono Diminta Jadi Tersangka Korupsi oleh Pengadilan
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Putusan Praperadilan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan memerintahkan agar Mantan Wapres Boediono dijadikan sebagai tersangka dalam kasus korupsi pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik.

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK pun mengatakan akan mempelajari putusan tersebut. Perintah mengusut keterlibatan Boediono Cs itu menjadi salah satu keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan saat mengabulkan gugatan praperadilan nomor 24/Pid.Prap/2018/Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang diajukan oleh Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI).

"Tentu kami hormati putusan pengadilan tersebut. Berikutnya KPK akan mempelajari putusan itu dan melihat sejauh mana bisa diimplementasikan," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengutip CNN.

Baca juga: KPK Sampai Geledah Rumah Bos Lippo Group James Riady Terkait Kasus Suap Meikarta

Jika benar diproses lebih lanjut dan dijadikan tersangka, tentu memberikan kesan seorang Wapres tersandung kasus korupsi. Namun menurut Sekjen PPP, Arsul Sani di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/4), hal ini bukanlah hal yang mengejutkan.

"(Putusan PN Jaksel) itu hanya konsekuensi hukum dari konstruksi kasus Bank Century yang dibangun KPK sendiri," jelasnya. "Ada 180 orang lebih disebut bersama dakam surat dakwaan tapi belum diproses KPK. Kalau ternyata bukti belum kuat, ya jangan ditaruh dalam dakwaan. Dalam uraian boleh, tapi tidak dalam dakwaan,"

Lebih lanjut pula menurut Arsul, jika KPK akhirnya melaksanakan perintah pengadilan itu pun akan berdampak besar pada iklim fiskal nasional. Dunia finansial Indonesia mau pun internasional akan terguncang karena kebijakan moneter sekaligus fiskal diadili.

(rei)

  • HOT !
    Kasus suap yang menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah sebagai tersangka berlanjut penyelidikannya. Kali ini melebar ke penggeledahan hingga total 10 lokasi di mana salah satunya adalah rumah bos alias petinggi atau CEO Lippo Group, James Riady. ...
  • HOT !
    Saat ini, kita sudah memasuki masa kampanye untuk Pilpres 2019. Kampanye sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan iklan kampanye....
  • HOT !
    Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) lalu mendapat ucapan dukacita baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Salah satunya adalah dari Ratu Elizabeth II....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)