SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penjelasan Seniman Jaket Denim Jokowi Soal Peta Indonesia 'Terbelah' Viral Dibicarakan Netizen

Selasa, 10 April 2018 17:15 by reinasoebisono | 2113 hits
Penjelasan Seniman Jaket Denim Jokowi Soal Peta Indonesia 'Terbelah' Viral Dibicarakan Netizen
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Presiden Jokowi menjalani touring dengan motor chopper baru kesayangannya ke daerah Sukabumi, Jawa Barat. Mulai dari motor, sepatu hingga jaket denim yang dikenakannya langsung jadi trending di media sosial. Namun bukan hanya memuji, ada beberapa kritikan terkait jaket ‘keren’ yang digunakan orang nomor satu RI itu.

Ternyata jaket denim itu berasal dari jaket biasa yang dijual secara di pusat perbelanjaan, melansir Kompas. Diceritakan di awal, founder Never Too Lavish, Muhammad Haudy mengatakan jika ketika Jokowi memesan sebuah jaket padanya, ia langsung membelinya di salah satu mall di Jakarta.

"Kami beli jaket denim yang sudah jadi. Harganya enggak mahal, ya, cuma Rp 300.000," ujar Haudy, Selasa (10/4).

Bersama desainer alias empat seniman lainnya, Haudy menggambar jaket tersebut sesuai dengan keinginan Jokowi. Tak memberi gambaran desain, Jokowi hanya berpesan agar desainnya menggambarkan Indonesia yang sangat beragam budayanya.


Image source: CNN

"Biasanya kami ngerjain gambar jaket itu empat pekan. Tetapi, ini demi Pak Jokowi, ya, kami lemburin semua jadi 10 hari saja. Tahapan-tahapannya ada enam, mulai dari gambar warna dasar, menggambar polanya sampai finishing, dihaluskan," ujarnya.

Baca juga: Sempat Diminta Tak Gunakan Fasilitas Meski Masih Jadi Presiden, Mengapa Jokowi Naik Pesawat TNI AU Saat Tinjau Palu?

"Pada bagian depan, kami menggambar peta Indonesia menggunakan nuansa merah-putih. Maknanya Indonesia adalah negara besar yang memiliki lebih dari 17.000 pulau," ujar Haudy. "Filosofi konsep ini adalah bendera merah-putih sebagai bendera Indonesia yang bisa menyatukan belasan ribu pulau dan keberagaman budaya yang ada di Indonesia,"

Kembali ke beberapa kritikan tersebut di atas, desain jaket dengan gambar peta Indonesia di bagian depan jaket dinilai terbelah jika tidak diretsleting. Hal ini juga dijelaskan khusus oleh Haudy.

"Jadi, seniman itu punya norma, punya prinsip-prinsipnya sendiri. Bagi mereka, bobot art kalau pada jaket itu adanya di belakang, bukan depan. Beda dengan kaus yang bobot art-nya lebih banyak di depan dibandingkan dengan belakang. Coba lihat jaket dan kaus produk seluruh dunia, kebanyakan begitu," papar Haudy.


Image source: Never Too Lavish/Instagram

"Kami juga sudah coba peta Indonesia-nya di belakang dan kata Indonesia di depan, itu agak aneh ya. Lagi pula seandainya peta Indonesia ditaruh di belakang, apa ada yang jamin enggak ada yang nyinyirin juga? Enggak kan? Makanya kami lebih memilih yang sesuai prinsip dan norma berlaku saja," lanjut dia.

"Kami puas banget sama hasilnya. Namanya seniman, ya, akan bangga sekali jika dia punya produk itu digunakan Presiden, apalagi kayak kami, , seniman Indonesia yang produknya dipakai Presiden sendiri," katanya.

(rei)

  • HOT !
    Kasus suap yang menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah sebagai tersangka berlanjut penyelidikannya. Kali ini melebar ke penggeledahan hingga total 10 lokasi di mana salah satunya adalah rumah bos alias petinggi atau CEO Lippo Group, James Riady. ...
  • HOT !
    Saat ini, kita sudah memasuki masa kampanye untuk Pilpres 2019. Kampanye sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan iklan kampanye....
  • HOT !
    Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) lalu mendapat ucapan dukacita baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Salah satunya adalah dari Ratu Elizabeth II....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)