SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Resmi Ditahan KPK, Sebenarnya Berapa Dugaan Suap yang Diterima Gubernur Jambi Zumi Zola?

Selasa, 10 April 2018 10:01 by reinasoebisono | 1212 hits
Resmi Ditahan KPK, Sebenarnya Berapa Dugaan Suap yang Diterima Gubernur Jambi Zumi Zola?
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Dalam perkara dugaan gratifikasi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya resmi menahan Gubernur non-aktif Jambi Zumi Zola setelah beberapa kali menjalani pemeriksaan. Gubernur yang juga mantan artis itu memang kerap menyanggah keterlibatannya dalam kasus suap, namun KPK masih gencar memeriksa bukti yang ada.

Salah satunya yang dikonfirmasi oleh Juru Bicara KPK Febri Diansyah, penyidik masih memeriksa sejumlah bukti hasil penggeledahan pada Operasi Tangkap Tangan atau OTT sebelumnya. Zumi sendiri diduga menerima ‘jatah’ untuk memuluskan proyek di Jambi selama menjbata.

Hingga saat ini, Febri mengatakan KPK telah memeriksa 38 saksi dalam perkara  korupsi pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Jambi 2018. 


Zumi Zola (memakai rompi oranye)

"Kami cross check agar semakin utuh memetakan gratifikasi yang diperoleh tersangka," kata Febri. "Unsur saksi ada dari DPRD Jambi, pemerintah provinsi Jambi dan swasta untuk tersangka ZZ dan ARN," 

Setelah diperiksa 9 jam, Zumi Zola langsung digiring dan dijebloskan ke penjara. Zumi juga diduga terlibat dalam kasus dugaan suap pengesahan Rancangan APBD Jambi 2018, yang dibongkar KPK lewat operasi tangkap tangan (OTT). Ada empat orang yang sudah ditetapkan tersangka dalam kasus 'uang ketuk' RAPBD itu, tiga di antaranya anak buah Zumi di Pemprov Jambi.

Dalam OTT, KPK menyita uang Rp4,7 miliar dari total Rp6 miliar diduga telah disiapkan pihak Pemprov Jambi bagi anggota DPRD Jambi. KPK pun menyangka Zumi menerima hadiah kurang lebih Rp6 miliar.

(rei)

  • HOT !
    Menjelang seremoni pembukaan Asian Games 2018 membuat sejumlah pintu tol di Jakarta mengalami sistem buka tutup. Pintu tol akan diberlakukan buka tutup saat para atlet melintas dari Wisma Atlet Kemayoran menuju Stadion Glora Bung Karno (GBK) Senayan....
  • HOT !
    Seorang anak berumur 3 tahun dinyatakan meninggal setelah tertinggal di dalam sebuah kendaraan van di Thailand. Polisi pun langsung menangkap supir jemputan sekolah tersebut....
  • HOT !
    Golongan pungut atau yang sering disebut Golput  adalah salah satu bentuk perlawanan terhadap praktik politik dari orang orang yang kecewa terhadap penyelenggaraan negara dengan cara tidak memilih partai atau legislator (dalam pemilu legislatif) atau Presiden (dalam pemilu Presiden)....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : karimaalkaff
Cast : Song Joong Ki, Krystal Jung (fX), Kang Minhyuk (CNBlue), Jessica Jung (SNSD)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)