SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terungkapnya Setya Novanto Pernah Siapkan Rp 20 Miliar untuk Sogok KPK

Minggu, 01 April 2018 19:22 by reinasoebisono | 2650 hits
Terungkapnya Setya Novanto Pernah Siapkan Rp 20 Miliar untuk Sogok KPK
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Dalam persidangan yang masih terus berjalan soal kasus KTP elektronik atau E-KTP, terdakwa Setya Novanto yang juga seorang Mantan Ketua DPR itu diketahui pernah berencana menyuap KPK.

Hal tersebut diungkapkan Jaksa Penuntut Umum KPK, saat membacakan surat tuntutan terhadap Setnov, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Terdakwa  juga akan mempersiapkan uang Rp20 miliar untuk KPK," kata jaksa KPK.

Pria dengan panggilan Setnov itu ingin menyogok KPK agar lepas dari jeratan hukum kasus yang merugikan negara sebanyak Rp 2.3 triliun itu. Diungkapkan pula, Setnov juga meminta bantuan Partai Demokrat.

Baca juga: Kata Setnov yang Rela Jual Rumah Lunasi Uang Pengganti Korupsi yang Dilakukannya

“Untuk antisipasi agar tidak diperiksa penegak hukum, (terdakwa) meminta bantuan Partai Demokrat," katanya.

Kronologinya, kala itu Setnov bertemu dengan Andi Agustinus atau Andir Narogong dan mendiang Johannes Marliem yang tewas di Amerika Serikat untuk mendapat diskon proyek chip E-KTP.

Saat itu, Novanto meminta diskon harga cip untuk e-KTP sebesar 50 persen, tetapi disepakati 40 persen. "Namun, disepakati diberikan diskon 40 persen atau setara Rp2 ribu per penduduk," kata jaksa mengutip Suara.

Kemudian, jaksa mengatakan selisih harga itu diberikan kepada Setnov sebagai 'komisi' yaitu sebesar 5 persen dari nilai kontrak. Adapun kode yang digunakan dalam pemberian tersebut menggunakan kode 'muatan'.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pihak Starbucks Indonesia langsung memecat pegawainya yang melakukan aksi pelecehan seksual terhadap pelanggan, usai videonya viral di media sosial. Kini, mantan pegawai itu telah ditangkap oleh Polres Metro Jakarta Utara....
  • HOT !
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan izin pelaksanaan perluasan kawasan rekreasi Dufan atau Dunia Fantasi di Ancol sedikitnya 35 hektare (ha) dan kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol seluas lebih kurang 12 ha....
  • HOT !
    Sejak virus corona menyebar, pemerintah menegaskan agar masyarakat tetap berada di rumah saja dan tidak berpergian jika tidak ada kepentingan. Selain itu, tempat tempat usaha juga banyak yang tutup karena pandemi virus corona. Hal ini tentu saja berdampak pada perekonomian masyarakat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : munzioezy
Cast : Jung Krystal f(x), Kang Minhyuk CNBLUE and other cast

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)