home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terowongan Bawah Laut Malaysia yang Tembus Sumatera Hanya Akan Buat Indonesia Jadi 'Pasar'?

Senin, 26 Maret 2018 11:10 by reinasoebisono | 70061 hits
Terowongan Bawah Laut Malaysia yang Tembus Sumatera Hanya Akan Buat Indonesia Jadi 'Pasar'?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Malaysia disebut bernafsu membangun terowongan bawah laut yang menghubungkan dua negara yaitu Bagan Datuk, Malaysia dan Sumatera, Indonesia.

Sebelumnya, pemerintah Negeri Jiran juga bernafsu ingin membangun jembatan dari Malaka ke Dumai, Riau. Namun soal terowongan bawah laut, pemerintah Indonesia belum pernah mendapat pembahasan dari Malaysia.

"Kami belum pernah membahas tentang hal ini (rencana terowongan bawah laut Malaysia-Indonesia)," tegas Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Arie Setiadi Moerwanto.

"Dulu, kami pernah membahas kemungkinan pembangunan jembatan (Malaka-Dumai). Tapi kami anggap, hal ini tidak menguntungkan bagi Indonesia," tegasnya. "Intuisi pribadi saya terowongan bawah laut ini juga sama (tidak menguntungkan bagi Indonesia)," katanya.

Baca juga: Dua Negara Ini Resmi Tarik Satu Varian Indomie, Apa Kabar Indonesia?

Mengapa dianggap tak menguntungkan? Karena persoalan perekonomian nasional saat ini. Arie berpendapat, Indonesia lebih bersemangat membangun jembatan ke Timor Leste misalnya, ketimbang ke Malaysia karena ekonomi Indonesia lebih kuat.

"Kita akan jadi pasar (jika ada terowongan Malaysia-Indonesia). Sekarang saja kan kalau berobat ke rumah sakit, orang (Indonesia) cenderung ke Penang, Malaysia dibanding di Jakarta. Karena selain jaraknya yang dekat, menurut teman-teman kualitas penanganan di sana lebih bagus," papar dia.

“ASEAN Highway Network memang ada jembatan dari Malaka-Dumai, rencananya. Tapi kapan dibangunnya, bikin ekonomi kita kuat dulu. Jangan sampai kita hanya dijadikan pasar," paparnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)