home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Himbauan Kawah Ijen Semburkan Gas Beracun yang Buat Warga Sekitar Lemas hingga Pingsan

Kamis, 22 Maret 2018 10:26 by reinasoebisono | 1373 hits
Himbauan Kawah Ijen Semburkan Gas Beracun yang Buat Warga Sekitar Lemas hingga Pingsan
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur mengumumkan jika Kawah Ijen mengeluarkan gas beracun karena terjadi letupan di kawah. Info tersebut dilaporkan langsung via laman Twitter resminya tentang Taman Wisata Alam (TWA) tersebut.

"Tweeps, utk sementara TWA Kawah Ijen ditutup karena terjadi letupan di kawah dan mengeluarkan gas beracun. Jd tunggu info selanjutnya ya" tulisnya, mengutip Detik.

Sementara itu, puluhan warga sekitar Gunung Ijen lemas dan pingsan karena diduga menghirup belerang yang berasal dari Kawah Ijen. Di mana dua di antaranya dilarikan ke RSUD dr Koesnadi Bondowoso.

Untuk menghindari hal serupa, warga di sekitar kawah seperti Dusun Margahayu dan Watucapil, Kecamatan Ijen dievakuasi. Polisi, tenaga medis, Tim Reaksi Cepat BPBD, Tagana, Koramil dan beberapa pihak lainnya juga turun tangan.

Letupan pada permukaan kawah tersebut diperkirakan terjadi akibat dari perbedaan suhu yang sangat besar antara di bawah dan di atas permukaan kawah. Akibatnya, gas dan bau belerang mengalir dan terbawa angin menuju ke arah Barat.

Pembukaan kembali Kawah Ijen pun belum diberitahukan kembali hingga kondisi dianggap aman bagi pengunjung. Polisi bersama unsur terkait juga membagikan sekitar 25 ribu masker ke warga. Sebanyak 20 mobil ambulan dari sejumlah Puskesmas juga disiagakan di sekitar Desa Sempol.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)