home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Curhat Panglima TNI yang Khawatir Anak Muda Lebih Tahu K-Pop Dibanding Pahlawan Bangsa

Selasa, 20 Maret 2018 12:30 by reinasoebisono | 2807 hits
Curhat Panglima TNI yang Khawatir Anak Muda Lebih Tahu K-Pop Dibanding Pahlawan Bangsa
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Perkembangan digital dan internet memang memberikan kemudahan dan banyak hal positif. Namun bukan berarti hal tersebut menjadikan msyarakat melupakan ‘akar’ asal di tengah maraknya era globalisasi ini.

Hal itu jadi perhatian Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang prihatin dan khawatir dengan generasi masa kini. Menurutnya, anak muda kini lebih mengenal artis atau sosok asing dibanding tokoh atau pahlawan nasional.

"Saya pernah bertanya pada seorang pemuda: "Tahu K-pop?" dia menjawab dengan cepat: "Tahu, Pak, Korea Selatan. Lalu pemuda itu bisa menyebutkan semua anggota K-Pop. Giliran ditanya Laksamana Yos Sudarso, dia tidak tahu. Saya khawatir nanti Jenderal Sudirman juga tidak tahu," cerita Hadi dalam ceramah pembekalan di hapadan 1.080 siswa SMA Taruna Nusantara, Magelang, Senin (19/3).

Menurutnya, nilai ideologi Pancasila dianggap menurun karena pengaruh globalisasi yang tentunya didukung oleh teknologi internet yang kian mudah diakses oleh siapa pun, mengutip Kompas.

Baca juga: Begini Wajah K-Pop dalam 10 Tahun Terakhir di Twitter

"Nilai ideologi Pancasila di kalangan generasi muda mengalami penurunan. Sudah terkena ideologi global. Oleh karena itu, kami minta jangan sampai terpengaruh, generasi muda harus terus mempertahankan nilai ideologi Pancasila, jangan sampai nilai itu luntur," tegasnya.

Meski begitu, Hadi tak memungkiri jika internet memberi banyak manfaat. Namun tetap harus diwaspadai terkait penyebaran paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila. Berbagai ancaman cyber crime, ancaman biologis dan ancaman kesenjangan juga harus diwaspadai.

"Kita akan sosialisasikan dan kuatkan ideologi pancasila di masyarakat, khususnya generasi muda," ujarnya.

Selain itu, karakter generasi muda juga perlu dibentuk dan dididik. Karakter adalah pilihan, sementara talenta adalah bawaaan dari hari lahir. Ancaman-ancaman apapun bisa dibendung dengan karakter generasi muda yang kuat. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
      Setiap tahun, majalah TIME menerbitkan daftar 100 orang yang dianggap paling berpengaruh. Tidak mudah untuk masuk ke dalam daftar itu, karena semua yang terpilih dikatakan telah mengubah dunia dengan cara tertentu, terlepas dari konsekuensinya....
  • HOT !
    Belakangan ini hujan lebat melanda sejumlah wilayah di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Belum berakhir, BMKG memberikan peringatan bahwa cuaca ekstrem akan melanda hampir seluruh Indonesia selama sepekan ke depan....
  • HOT !
    Satuan Tugas Nasional Penanganan COVID 19 saat ini tengah mengembangkan teknologi masker kain yang memiliki lapisan sebanyak 5 lapis, untuk mencegah penyebaran virus corona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)