SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fantastis! Ilmuwan Temukan Obat Panjang Umur

Minggu, 17 Maret 2013 01:00 by miko | 2353 hits
Fantastis! Ilmuwan Temukan Obat Panjang Umur
aussiefinder.com.au

Setiap manusia tentu berharap memiliki umur yang panjang, namun gaya hidup modern membuat hal tersebut semakin sulit. Tapi baru-baru ini seorang  ilmuwan terkenal Australia, Prof David Sinclair menemukan obat untuk mencegah kanker dan Alzheimer serta mampu memperpanjang usia manusia.

Tak hanya itu, yang paling menakjubkan Prof Sinclair mengaku menemukan obat yang bisa membantu manusia untuk hidup sehat hingga usia 150 tahun. Meski demikian, penemuannya itu masih memerlukan penelitian lebih dalam.

Dilansir dari situs News.co.au, dalam laporan yang dimuat jurnal Science, Prof Sinclair menjelaskan bagaimana obat yang bisa membantu tubuh manusia melawan proses penuaan. Menurut ahli genetik dari Universitas New South Wales tersebut, tiga obat itu sekarang sedang diujicobakan pada manusia, untuk mengobat penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit radang usus.

Sinclair juga berpendapat, yang paling memberikan harapan adalah obat-obat yang dikembangkannya bisa mengobati dan mencegah penyakit dalam waktu bersamaan.

“Riset saya dikritik karena terlihat sebagai hal yang tidak mungkin terjadi. Namun, kertas kerja saya membuktikan itu bisa dilakukan,” tutur Prof Sinclair dalam wawancara lewat telepon dari Harvard (AS), tempat dia sekarang bekerja.

Obat yang dikembangkan Prof Sinclair akan mengaktifkan enzim SIRT1, yang biasanya akan berfungsi karena diet atau latihan fisik, tetapi juga bisa diperkuat lewat activator seperti resveratrol yang terdapat dalam anggur merah.

Dia dan para ilmuwan lain sudah mengembangkan 400 activators sintetis. Setiap activator ini memiliki kadar 100 kali lebih kuat dari segelas anggur merah. Tiga activators terbaik ini sekarang diujicobakan pada manusia.

“Obat yang kami kembangkan memiliki khasiat sama seperti orang yang melakukan diet sehat dan banyak berolahraga, tetapi tidak memiliki dampak terhadap berat badan,” terang Prof Sinclair.

Diperkirakan, obat ini akan bisa dipasarkan untuk mengobati diabetes dalam lima tahun mendatang. Setelah digunakan banyak orang, baru mereka bisa menilai manfaat lainnya dari obat-obatan tersebut. Dalam uji terhadap binatang, tikus kegemukan yang diberi resveratrol sintetis bisa berlari dua kali lebih jauh dari tikus biasa, dan hidup 15 persen lebih lama.

“Perkiraan saya adalah kita akan bisa menunda dimulainya seseorang terkena penyakit, sehingga mereka tidak akan menderita penyakit kronis di usia 50-60 tahunan,”  tambah Prof Sinclair.

Komentar
  • HOT !
    Pada sekitar pertengahan bulan Maret lalu, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan seorang pria yang melancarkan aksi bunuh diri yang disiarkan secara live melalui Facebook. Baru baru ini, aksi serupa ternyata juga terjadi di Thailand....
  • HOT !
    Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok memiliki rencana usai tidak lagi menjabat sebagai Gubernur. DKI Jakarta. Ahok yang masa jabatannya akan berakhir pada Oktober 2017 mendatang ini ingin menjalani bisnis saja....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : munzioezy
Cast : Lay EXO, Eunji A-Pink, Kris Exo, and other

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)