home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alat Musik Akan Punya Paspor Untuk Berpergian

Jumat, 15 Maret 2013 13:15 by miko | 2704 hits
Alat Musik Akan Punya Paspor Untuk Berpergian
powerboncoss.blogspot.com

Administrasi berpergian keluar negeri sekarang ini bukan saja diterapkan kepada manusia. Sekarang ini paspor pun diterapkan untuk alat musik yang berpergian ke luar negeri. Namun hal tersebut berlaku untuk alat musik yang terbuat dari bahan langka, termasuk kulit hewan.

Dilansir dari Dailymail, Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Langka (CITES) memutuskan untuk memberlakukan paspor agar musisi bisa membawa alat musiknya berpergian ke luar negeri. Sebelumnya bandara melarang masuk alat musik yang menggunakan bahan dari hewan langka.

Diantaranya seperti tangkai penggesek biola dari cangkang kura-kura atau tuts piano dari gading.  Gara-gara aturan itu dulu banyak musisi yang harus mencongkel piano untuk mengganti tuts-nya dengan bahan lain.

Sehingga dengan adanya paspor resmi ini disambut gembira para musisi, terutama orkestra yang alat musiknya berusia tua dan dari bahan langka.

Baca juga: Tak Hanya Menyenangkan, 5 Hobi Ini Juga Menambah Kecerdasan Otak

“Ini monumental karena memfasilitasi pergerakan musisi, khususnya orkestra," jelas Bryan Arroyo, kepala delegasi perdagangan Amerika Serikat. Keputusan ini juga disambut gembira asosiasi pedagang alat musik.

Namun alat musik dari bahan yang dilarang perdagangan internasional diberi perlakuan khusus. Alat musik itu hanya bisa mendapat paspor dengan catatan telah dibuat sebelum larangan diberlakukan.

“Siapapun tak ingin menyakiti gajah, tapi aneh rasanya harus minta ijin paspor untuk piano berusia 120 tahun,” tutur ahli musik dari Inggris.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)