SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Rancangan Baru, Akan Jadi Berapa Gaji Presiden, Wakil Rakyat dan Pejabat PNS Lainnya?

Minggu, 11 Maret 2018 10:20 by reinasoebisono | 2045 hits
Ada Rancangan Baru, Akan Jadi Berapa Gaji Presiden, Wakil Rakyat dan Pejabat PNS Lainnya?
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Pemerintah temgah menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah mengenai gaji PNS yang disinyalir akan meningkatkan upah Pegawai Negeri Sipil cukup signifikan, termasuk presiden dan jajarannya.

Mengutip Liputan6, Dalam RPP tersebut, penggajian Aparatur Sipil Negara (ASN) akan ditentukan melalui indeks penghasilan. Indeks penghasilan itu terdiri dari indeks gaji, persentase tunjangan kinerja dari gaji, dan indeks kemahalan daerah.

RPP tersebut menjelaskan perbandingan indeks gaji pangkat terendah (Jabatan Administrasi 1 hingga Jabatan Fungsional 1) berbanding dengan indeks gaji pangkat tertinggi (Jabatan Pimpinan Tinggi 1), yaitu 1 : 12.698.

Dengan indeks ini, yang akan mendapat gaji tertinggi tentu presiden yang indeks penghasilan pejabat negaranya mencapai 96.000. Dengan indeks tersebut, maka penghasilan Presiden per bulan mencapai Rp 553,4 juta. Sedangkan Wakil Presiden menerima penghasilan Rp 368,9 juta per bulan dengan indeks penghasilan 64.000.

Baca juga: Sempat Diminta Tak Gunakan Fasilitas Meski Masih Jadi Presiden, Mengapa Jokowi Naik Pesawat TNI AU Saat Tinjau Palu?

Sementara tertinggi selanjutnya adalah penghasilan Menteri, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kepala Polri, Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua DPD, Ketua KPK, Ketua BPK, Ketua MA dan Ketua MK dengan indeks penghasilan 16.000, maka penghasilan yang didapatkan sebesar Rp 92,2 juta per bulan.

Untuk Wakil Ketua MPR, DPR, DPD, KPK, BPK, MA dan MK masing-masing memilik indeks penghasilan 15.333 dan menerima penghasilan per bulan Rp 88,3 juta.

Sedangkan untuk Wakil Menteri, Wakil Kepala Polri, Anggota DPR, Anggota DPD, Anggota BPK, dan Hakim Agung MA per bulan diasumsikan mendapatkan penghasilan Rp 80,7 juta.

"Dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah ini, PNS dilarang menerima penghasilan lain dan/atau honorarium apapun yang dananya bersumber dari APBN/APBD, BUMN/BUMD, Badan Usaha Milik Swasta, dan/atau lembaga internasional," tulis Pasal 33 dalam RPP tersebut.

(rei)

  • HOT !
    Kasus suap yang menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah sebagai tersangka berlanjut penyelidikannya. Kali ini melebar ke penggeledahan hingga total 10 lokasi di mana salah satunya adalah rumah bos alias petinggi atau CEO Lippo Group, James Riady. ...
  • HOT !
    Saat ini, kita sudah memasuki masa kampanye untuk Pilpres 2019. Kampanye sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan iklan kampanye....
  • HOT !
    Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) lalu mendapat ucapan dukacita baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Salah satunya adalah dari Ratu Elizabeth II....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)