SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

MUI Sumut Soal Wacana Larangan Cadar: Itu Budaya, Kampus Berhak Melarang

Kamis, 08 Maret 2018 13:30 by zia92 | 4117 hits
MUI Sumut Soal Wacana Larangan Cadar: Itu Budaya, Kampus Berhak Melarang
Image source: Hipwee

DREAMERS.ID - Belakangan ramai perbincangan terkait wacana Universitas Negeri Sumatra Utara atau UIN Sumut yang akan menerapkan larangan penggunaan cadar kepada mahasiswi saat kegiatan belajar-mengajar di area kampus.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Sumatera Utara, Maratua Simanjuntak, turut buka suara dengan mengatakan bahwa wanita muslim wajib berjilbab. Tapi mengenakan cadar bukan kewajiban karena cadar adalah budaya.

"Bagi wanita muslim, wajib mengenakan jilbab karena syariat Islam. Namun tidak mesti harus mengenakan cadar karena cadar merupakan budaya," kata Maratua di Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Kamis (8/3), mengutip Detik.

Baca juga: Penampilan Nyentrik Go Ara Kenakan Gamis Hingga Cadar yang Sukses Bikin Heboh

Terkait aturan di kampus, hak seseorang mengenakan cadar sesuai UU. Namun pihak kampus juga memiliki aturan penggunaan cadar bagi mahasiswi selama beraktivitas di dalam kampus. "Mengenakan cadar merupakan hak warga negara yang diatur dalam undang-undang," ujar Maratua.

Namun terkait dengan penerapan larangan cadar di dalam kampus, Wakil Ketua Umum MUI Sumatera Utara ini mengatakan hal itu merupakan hak pihak kampus. "Pihak kampus punya hak kalau membuat aturan larangan mengenakan cadar," ungkapnya.

Kalau memang universitas menetapkan larangan mengenakan cadar, itu sah-sah saja. Namun, kalau ada peraturan larangan mengenakan jilbab di dalam kampus, itu baru menyalahi aturan. "Tapi menjadi masalah kalau pihak kampus melarang mahasiswinya mengenakan jilbab," pungkasnya.

(fzh)

  • HOT !
    Kasus suap yang menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah sebagai tersangka berlanjut penyelidikannya. Kali ini melebar ke penggeledahan hingga total 10 lokasi di mana salah satunya adalah rumah bos alias petinggi atau CEO Lippo Group, James Riady. ...
  • HOT !
    Saat ini, kita sudah memasuki masa kampanye untuk Pilpres 2019. Kampanye sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan iklan kampanye....
  • HOT !
    Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) lalu mendapat ucapan dukacita baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Salah satunya adalah dari Ratu Elizabeth II....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)