SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

MUI Sumut Soal Wacana Larangan Cadar: Itu Budaya, Kampus Berhak Melarang

Kamis, 08 Maret 2018 13:30 by zia92 | 4080 hits
MUI Sumut Soal Wacana Larangan Cadar: Itu Budaya, Kampus Berhak Melarang
Image source: Hipwee

DREAMERS.ID - Belakangan ramai perbincangan terkait wacana Universitas Negeri Sumatra Utara atau UIN Sumut yang akan menerapkan larangan penggunaan cadar kepada mahasiswi saat kegiatan belajar-mengajar di area kampus.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Sumatera Utara, Maratua Simanjuntak, turut buka suara dengan mengatakan bahwa wanita muslim wajib berjilbab. Tapi mengenakan cadar bukan kewajiban karena cadar adalah budaya.

"Bagi wanita muslim, wajib mengenakan jilbab karena syariat Islam. Namun tidak mesti harus mengenakan cadar karena cadar merupakan budaya," kata Maratua di Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Kamis (8/3), mengutip Detik.

Baca juga: Penampilan Nyentrik Go Ara Kenakan Gamis Hingga Cadar yang Sukses Bikin Heboh

Terkait aturan di kampus, hak seseorang mengenakan cadar sesuai UU. Namun pihak kampus juga memiliki aturan penggunaan cadar bagi mahasiswi selama beraktivitas di dalam kampus. "Mengenakan cadar merupakan hak warga negara yang diatur dalam undang-undang," ujar Maratua.

Namun terkait dengan penerapan larangan cadar di dalam kampus, Wakil Ketua Umum MUI Sumatera Utara ini mengatakan hal itu merupakan hak pihak kampus. "Pihak kampus punya hak kalau membuat aturan larangan mengenakan cadar," ungkapnya.

Kalau memang universitas menetapkan larangan mengenakan cadar, itu sah-sah saja. Namun, kalau ada peraturan larangan mengenakan jilbab di dalam kampus, itu baru menyalahi aturan. "Tapi menjadi masalah kalau pihak kampus melarang mahasiswinya mengenakan jilbab," pungkasnya.

(fzh)

  • HOT !
    Setelah pembatalan sepihak dari Amerika Serikat soal pertemuan Presiden Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi, Kim Jong Un dari Korea Utara kembali bertemu dengna Presiden Korea Selatan, Moon Jae In....
  • HOT !
    Remaja pelaku video yang mengancam akan menembak Presiden Jokowi yang berinisial RJT alias S (16) bersama ayahnya telah membuat video permintaan maaf. Namun kabar terakhir mengatakan ia tetap diproses hukum sesuai peraturan yang berlaku....
  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)