home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Disebut Belum Siap, Apa yang Harus Dilakukan Sementara Jakarta Dibayangi Gempa Megathrust 8.7 SR?

Selasa, 06 Maret 2018 18:07 by reinasoebisono | 2669 hits
Disebut Belum Siap, Apa yang Harus Dilakukan Sementara Jakarta Dibayangi Gempa Megathrust 8.7 SR?
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Tak banyak yang menyadari jika Ibu Kota DKI Jakarta sebenarnya berada di dalam kepungan gempa besar. Bukan kabar meresahkan, namun prediksi ahli mendasar dari sejarahbencana yang pernah melanda Jakarta puluhan bahkan ratusan tahun silam.

Catatan sejarah membuktikan, via Liputan6, Jakarta adalah kota terpenting di Indonesia rawan gempa. Gempa dahsyat terakhir terjadi pada tahun 1834 ketika VOC-Belanda berkuasa. Butuh waktu berbulan-bulan untuk memulihkan kota. Gempa pun pernah terjadi di Jakarta secara hebat pada tahun 1757 dan 1880.

"Persepsi bahwa Jakarta aman gempa adalah keliru," kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati. Sebagai contoh, gempa 6.1 SR yang melanda Lebak, Banten pada 23 Januari lalu terasa sangat kuat di Jakarta. Itu pun gempa tidak berpusat di ibu kota.

Ancaman gempa ini berhubungan dengan zona tumbukan antara Lempeng Indo-Australia yang menghujam masuk ke bawah Pulau Jawa atau yang biasa disebut zona Megathrust. Sayangnya, meski para ahli mampu menghitung perkiraan besaran kekuatan gempa, teknologi yang ada sekarang belum mampu memprediksi waktu terjadinya.

"Menurut analisis para pakar gempa bumi, gerakan penunjaman lempeng tersebut memungkinkan dapat mengakibatkan gempa megathrust dengan kekuatan atau magnitudo maksimum yang diperkirakan dapat mencapai 8,7 skala Richter," kata Dwikorita dalam siaran persnya, Jumat (2/3).

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)