home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Perilaku Menyimpang dari Harimau Setelah Mangsa Karyawan Kebun Sawit, Inhabituasi

Selasa, 06 Maret 2018 11:50 by reinasoebisono | 29478 hits
Begini Perilaku Menyimpang dari Harimau Setelah Mangsa Karyawan Kebun Sawit, Inhabituasi
Image source: BBC

DREAMERS.ID - Ramai kabar harimau yang berkeliaran di sekitar pemukiman dan meresahkan warga. Setelah kemarin seekor Harimau Sumatera di Mandailing Natal, Sumatera Utara ditombak, digantung dan dikuliti oleh warga, kini ada lagi fenomena harimau di Riau.

Seekor Harimau Sumatera yang diberi nama Bonita untuk membedakannya ini diketahui memangsa Jumiati, seorang karyawan perkebunan sawit di Indragiri Hilir (Inhil), Riau pada 3 Januari 2018 lalu. Kini ditemukan perilaku menyimpang pada harimau tersebut.

Diperkirakan, Bonita mengalami inhabituasi atau perilaku menyimpang dari satwa liar setelah menyantap Jumiati. Perilaku aneh itu, di antaranya adalah Bonita terbiasa untuk berkeliaran di sekitaran rumah penduduk desa setempat dari pagi hingga sore.

Beberapa kali, Bonita terlihat duduk di tepi jalan poros yang ada di sekitaran desa, melansir Detik. Harimau ini juga tidak menunjukkan gelagat rasa takut saat bertemu manusia. Justru Bonita terkesan seperti ingin beradaptasi dengan lingkungan manusia.


Image source: Liputan6

Baca juga: Kelahiran Empat Ekor Bayi Harimau Emas, Hewan Langka di Dunia

"Kami memperkirakan inhabituasi atau perilaku menyimpang ini dialami Bonita pasca menyerang Jumiati," kata Kepala Bidang I BBKSDA Riau, Mulyo Hutomo. "Itulah perilaku aneh yang kita dapati di lapangan. Tentunya dengan inhabituasi itu, Bonita ini lebih berbahaya dari harimau liar yang masih normal perilakunya,"

Bonita sudah tidak takut lagi jika bertemu manusia. Padahal sejatinya, kodrat harimau liar bila bertemu manusia hanya ada dua kebiasaan dari yang selama ini ada. Karena itu lah pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau berupaya menemukan Bonita untuk ditangkap bersama tim medis untuk penembakan bius.

"Normalnya, bila harimau bertemu atau kepergok manusia hanya ada dua kemungkinan yang akan terjadi. Pertama harimau langsung melakukan penyerangan bila bertemu manusia. Kedua, bila tidak menyerang, harimau akan segera menghindari manusia. Itulah prilaku normal dari harimau selama ini," kata Hutomo.

Bonita sendiri adalah penamaan untuk pembeda dengan satu harimau lain yang diberi kode Boni. Inhabituasi pada Bonita ini terjadi pasca penyerangan pada Jumiati di mana sebagian daging di lututnya disantap.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)