home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penampakan Kereta Canggih Buatan Korea Selatan yang Akan Meluncur di LRT Jakarta

Minggu, 04 Maret 2018 09:23 by reinasoebisono | 3415 hits
Penampakan Kereta Canggih Buatan Korea Selatan yang Akan Meluncur di LRT Jakarta
image source: Detik

DREAMERS.ID - Proyek light rail transit atau kereta LRT di Jakarta memiliki andil besar dari Negeri Gingseng Korea Selatan. Sementara jalurnya masih dalam proses, transportasinya sendiri yaitu keretanya akan segera dikirim ke Jakarta setelah selesai uji coba di Changwon.

Kereta dan transportasi massal satu ini pun diklaim memiliki banyak keunggulan oleh Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Satya Heragandhi. Bahkan disebut sama dengan kereta Amsterdam Metro di Belanda.

Karena kereta LRT Jakarta akan memiliki sistem metro menggunakan lintasan standard gauge dan dioperasikan dengan rel listrik ketiga berdaya 750 V DC. Selain itu, produksi LRT Jakarta adalah salah satu yang tercepat di dunia karena dalam waktu satu tahun sejak pemesanan, kereta tersebut dapat rampung hingga tahap uji coba.

"LRT Jakpro adalah LRT pertama di Indonesia yang menggunakan standar gauge 750 Volt DC. Juga memiliki radius belok yang paling kecil di antara sistem kereta api lainnya yaitu sekitar 30-60 meter radius beloknya sehingga cocok sekali untuk angkutan perkotaan yang melalui daerah pemukiman padat penduduk di Jakarta," kata Satya mengutip Detik.


Baca juga: Bakal ‘Lawan’ Negaranya Sendiri, Ini 3 Pemain Timnas Korsel yang Kata STY Paling Berbahaya

"Kualitasnya juga baik. Bodinya aluminium, dan penggunaan teknologi tinggi sebagaimana seperti yang dipakai di pesawat. Kursinya juga stainless steel sehingga cocok dipakai di daerah-daerah panas seperti di Indonesia dan juga lebih awet," katanya.

Sistem keamanannya juga diklaim bertaraf internasional. Namun dalam pengoperasiannya nanti, LRT masih akan menggunakan masinis demi meminimalisir resiko, mengingat ini adalah MRT pertama di Indonesia. Sehingga butuh waktu untuk mampu diperasikan tanpa masinis.

"Sistem keamanannya juga internasional. Misalnya ada penumpang yang kejepit di pintu saat berdesakan maka pintu akan otomatis terbuka kembali seperti di lift dan berbagai fitur keamanan penumpang lainnya yang memastikan keamanan penumpang jadi perhatian utama kita," tambah Satya.

"Kita harus pastikan kalau mau driverless, prosesnya akan lebih panjang untuk pastikan keselamatan dan sebagainya, di mana sistem kita masih membutuhkan waktu ke arah sana. Jadi sementara waktu kita fokus pada penggunaan driver," pungkasnya.

(rei/image: Detik)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)