home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kim Jong Un Ternyata Diam-diam Pernah Masuk Dua Negara Ini dengan Paspor Palsu

Kamis, 01 Maret 2018 10:25 by reinasoebisono | 4307 hits
Kim Jong Un Ternyata Diam-diam Pernah Masuk Dua Negara Ini dengan Paspor Palsu
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Pemimpin Korea Utara belum terlepas dari kontroversi kelas dunianya. Terkenal dengan menutup diri dari negara asing dan jarang bepergian keluar negaranya, tersebar kabar jika Kim Jong Un sempat memasuki sejumlah negara dengan paspor palsu.

Melansir Reuters via Detik, Kim Jong Un diam-diam pernah mengunjungi Brazil bersama mendiang ayahnya, Kim Jong Il. Hal ini diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri Brazil, terjadi pada tahun 1990-an menurut sumber Keamanan Senior Eropa Barat.


Paspor palsu Kim Jong Un (Detik)

"Mereka menggunakan paspor Brazil ini, yang dengan jelas menunjukkan foto-foto Kim Jong Un dan Kim Jong Il, untuk mencoba mendapatkan visa dari kedutaan asing," kata satu sumber keamanan senior AS yang tidak mau disebut namanya.

"Ini menunjukkan keinginan untuk melakukan perjalanan dan menunjuk pada usaha keluarga yang berkuasa untuk membangun jalur pelarian yang memungkinkan," kata sumber keamanan tersebut.


Paspor Kim Jong Il, ayah Kim Jong Un (Detik)

Baca juga: Penampilan Putri Kim Jong Un Yang Diprotes Warga Korut

Menariknya, seorang sumber di Brazil mengatakan jika kedua paspor palsu tersbeut adalah dokumen sah saat dikirim sebagai blanko konsulat untuk diterbitkan. Empat sumber keamanan senior Eropa lainnya juga menegaskan jika dua paspor Brazil itu mengatasnamakan Kim Jong Un sebagai Josef Pwag dan Kim Jong Il sebagai Ijong Tchoi.

Dalam fotokopi paspor 10 tahun tersebut terdapat sebuah cap dengan keterangan 'Kedutaan Besar Brazil di Praha' dengan tanggal penerbitan 26 Februari 1996. Sumber keamanan mengatakan teknologi pengenal wajah mengkonfirmasi foto-foto tersebut adalah foto Kim Jong Un dan ayahnya.

Selain itu, ada kemungkinan pula paspor tersebut digunakan untuk bepergian ke Jepang dan Hong Kong. Karena pada 2011, Koran Jepang, Yomiuri Shimbun melaporkan jika Jong In juga pernah mengunjungi Tokyo pada tahun 1991.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)