SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Di Korea Selatan, Polusi Udara Bisa Pengaruhi Jumlah Penonton Film di Bioskop

Jumat, 23 Februari 2018 15:14 by muthiasp | 2423 hits
Di Korea Selatan, Polusi Udara Bisa Pengaruhi Jumlah Penonton Film di Bioskop
Image source: CJ E&M

DREAMERS.ID - Tidak hanya cuaca minus yang membuat hampir sebagian wilayah Korea Selatan membeku belakangan ini, tetapi negeri ginseng juga ada polusi udara, terutama jika sedang musim panas. Kabarnya, polusi udara itu bisa berdampak pada jumlah pengunjung bioskop.

Dilansir dari laman outlet berita lokal, Chosun Ilbo (23/02), berdasarkan data tentang kualitas udara di Seoul yang dihimpun dari 1 – 21 Januari 2016, 2017, dan 2018, menunjukkan adanya korelasi dari kedua hal tersebut, yaitu polusi udara dengan pengunjung bioskop.

Dari data tersebut ditemukan jika kualitas udara memburuk, maka membuat semakin banyak orang yang memilih untuk pergi ke bioskop. Salah satu alasannya mungkin untuk menghindari polusi udara di luar atau di jalanan. Apalagi fenomena fine dust semakin meningkat setiap tahunnya.

Baca juga: Melihat Hangatnya Pertemuan BTS dengan Ibu Negara Korsel di Sidang PBB #UNGA

Pada tahun 2016, rata-rata densitas atau kepadatan dari fine dust di Seoul adalah 50 ㎍/㎥ (microgram per meter kubik) dan sebanyak 3,26 juta orang pergi ke bioskop. Setahun kemudian pada 2017, penikmat film di bioskop meningkat ke angka 3,68 juta orang.

Tahun 2018 ini kualitas udaranya terus memburuk menjadi 59 ㎍/㎥ (microgram per meter kubik) dan pengunjung bioskop juga semakin banyak hingga ke angka 4,44 juta orang. Selain karena fenomena fine dust, pemberitaan media juga ikut mempengaruhi.

“Berita terkait fine dust sepertinya mempengaruhi orang untuk pergi ke bioskop,” ujar Analisis Pasar, Kim Hyung Ho. Hal itu terlihat dari membludaknya jumlah artikel di portal berita terbesar Naver. Di tahun 2016 hanya ada 3,674 artikel, lalu melonjak jadi 13,436 di tahun 2018.

(mth)

  • HOT !
    Kasus suap yang menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah sebagai tersangka berlanjut penyelidikannya. Kali ini melebar ke penggeledahan hingga total 10 lokasi di mana salah satunya adalah rumah bos alias petinggi atau CEO Lippo Group, James Riady. ...
  • HOT !
    Saat ini, kita sudah memasuki masa kampanye untuk Pilpres 2019. Kampanye sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan iklan kampanye....
  • HOT !
    Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) lalu mendapat ucapan dukacita baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Salah satunya adalah dari Ratu Elizabeth II....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)