home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Inggris, Ternyata Ini Lho Negara Tujuan Kuliah Terbaik di Eropa

Jumat, 23 Februari 2018 11:38 by reinasoebisono | 3037 hits
Bukan Inggris, Ternyata Ini Lho Negara Tujuan Kuliah Terbaik di Eropa
Image source: Pinterest

DREAMERS.ID - Ada beberapa negara favorit pelajar Indonesia untuk menuntut ilmu di luar negeri. Benua Amerika, Australia dan Eropa masih jadi buruan selain beberapa negara Asia seperti Singapura atau Jepang. Di Eropa sendiri, Inggris sering masuk dalam pilihan utama, namun nyatanya bukan negara Ratu Elizabeth itu yang mendapat titel ‘Terbaik’.

Sebuah studi yang dilakukan oleh situs Study.eu menganalisa 30 negara di Eropa dan ternyata Jerman berada di peringkat satu dengan jumlah poin 80.7 poin dari skala 100. Cukup jauh berada di atas Inggris (75.8) dan Perancis (68.6).

Ada pun 3 kategori analisa yang dilakukan di dalam studi ini adalah pendidikan, biaya, kehidupan sehari-hari dan karir. Karena menurut CEO Study.eu, meski Inggris memili standar universitas yang lebih baik, Jerman memiliki nilai pengajaran yang lebih tinggi.

"Jerman juga menawarkan lebih banyak mata kuliah dalam bahasa Inggris. Sementara Inggris dan Irlandia mendominasi bidang ini, Jerman adalah negara kedua setelah Belanda dengan jumlah mata kuliah yang bisa diambil mahasiswa dalam bahasa Inggris," ujar CEO Gerrit Blöss.

Baca juga: Akibat Skandal Suap agar Anak Masuk Universitas Bergengsi, Felicity Huffman Dipenjara

Hebatnya lagi, melansir Detik, mahasiswa universitas negeri di Jerman, baik mahasiswa lokal atau pun mancanegara tidak membayar iuran. Hanya membayar administrasi antara 100-500 Euro setiap semester yang sudah termasuk ongkos transportasi umum.

Begitu pula dengan pandangan masa depan, Jerman masih bisa lebih baik untuk kategori hidup dan karir. Lulusan kuliah di Jerman bisa menetap hingga 18 bulan setelah kuliah selesai. Lebih lama dari Inggris di mana mahasiswa non Uni Eropa hanya boleh tinggal lebih lama beberapa bulan saja setelah lulus.

Prospek karir untuk mahasiswa internasional di Jerman juga bisa dikembangkan lagi, khususnya dalam masalah integrasi mahasiswa ke bursa tenaga kerja di sana.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)