SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kesaksian Gempa Besar Taiwan: TV Terbang, Lantai 6 Apartemen Amblas ke Dasar

Jumat, 09 Februari 2018 12:00 by reinasoebisono | 2704 hits
Kesaksian Gempa Besar Taiwan: TV Terbang, Lantai 6 Apartemen Amblas ke Dasar
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Gempa kuat mengguncang kawasan Pantai Timur Taiwan pada Selasa (06/02) malam waktu setempat. Tidak terjadi tsunami, namun sejumlah daerah dilaporkan rusak berat karena patahan jalan hingga gedung yang ambruk ke jalan.

Dari kesaksian warga, tempat tinggalnya tidak utuh karena guncangan gempa sebesar 6.4 Skala Richter itu. Seorang pria berusia 66 tahun, Chen Chien, guncangan besar tersebut mengakibatkan apartemen yang ditinggalinya itu miring 50 derajat.



Image source: Detik

Ia menempati unit lantai 6 di mana lantai-lantai di bawahnya anjlok hingga ke lantai dasar. Peralatan di dalam apartemennya seperti TV pun beterbangan dan porak poranda. Ia juga heran bagaimana bisa gedung besar yang ia tempati itu rusak parah.

"Posisi lantai enam sebenarnya cukup tinggi. Namun ketika saya keluar dari jendela untuk menyelamatkan diri, lantai saya tepat berada di atas tanah," kata Chen kepada kantor berita AFP. "Ketika gempa terjadi TV saya terbang, semua peralatan di apartemen beterbangan,"



Image source: Detik

Baca juga: Awas Hoax! Beredar Kabar Gempa Susulan Sebesar 8.4 dan 7.5 Skala Richter

"Sulit dipercaya bangunan besar seperti ini rusak parah ... mungkin struktur penyangga bangunan rusak. Kalau tidak, bagaimana mungkin keadaannya seperti ini sekarang?" kata Chen.

Di apartemen itu sendiri, enam dari sembilan korban tewas. Gempa juga menyebabkan lebih dari 200 orang mengalami luka-luka. Badan Penanggulangan Bencana Nasional mengatakan belum mengetahui berapa pasti jumlah orang yang terperangkap di bawah reruntuhan Kota Hualien itu.

Gempa susulan sebesar 5.7 SR juga sempat menyulitkan tim SAR yang berpacu pada waktu untuk menyelamatkan korban di Ibu Kota Taipei. Lebih dari 140 orang masih belum diketahui keberadaannya dan sekitar 400 ribu rumah kini tidak memiliki persediaan air. Sedangkan jalan raya dan akses jembatan ditutup.

(rei)

  • HOT !
    Kasus suap yang menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah sebagai tersangka berlanjut penyelidikannya. Kali ini melebar ke penggeledahan hingga total 10 lokasi di mana salah satunya adalah rumah bos alias petinggi atau CEO Lippo Group, James Riady. ...
  • HOT !
    Saat ini, kita sudah memasuki masa kampanye untuk Pilpres 2019. Kampanye sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan iklan kampanye....
  • HOT !
    Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) lalu mendapat ucapan dukacita baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Salah satunya adalah dari Ratu Elizabeth II....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)