SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menguak Penampakan Terowongan MRT yang Diklaim Mampu Bertahan hingga 100 Tahun

Jumat, 09 Februari 2018 11:00 by reinasoebisono | 9965 hits
Menguak Penampakan Terowongan MRT yang Diklaim Mampu Bertahan hingga 100 Tahun
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Pembangunan MRT semakin siap menyambut masyarakat DKI Jakarta dan mempermudah akses jalan dalam ibu kota. Memiliki dua jenis jalur yaitu jalur di atas tanah serta terowongan yang membentang 6 km dari Senayan hingga Bundaran HI.

Di jalur ini, melansir laman Detik, kereta MRT melintas melewati terowongan berdiameter 6.5 meter nantinya. Terowongan ini terbuat dari beton yang diproduksi oleh Wika Beton dan konstruksinya diyakini bisa tahan hingga 100 tahun lamanya.


Di dalam terowongan tersebut juga telah terbentang besi rel yang akan dipasang bantalan rel untuk melengkapi kontruksi jalur keretanya. Tak hanya terowongan, namun ada jalur maintenance atau emergency yang bisa digunakan untuk evakuasi.

Baca juga: Polisi Berhasil Kantongi Ciri-Ciri Pelaku Vandalisme Kereta MRT

Pekerjaan terowongan sendiri telah selesai 100% dan tinggal menunggu penyelesaian pemasangan rel yang kini telah mencapai Dukuh Atas. Namun secara keseluruhan operasional, MRT Jakarta yang bekerjasama dengan beberapa pihak untuk pengoperasiannya sudah mencapai 45.54%. Hal itu termasuk persiapan institusi dan sumber daya manusia.


Pada akhir Maret nanti, kereta pertama MRT yang dibuat oleh Nippon Sharyo akan tiba di Indonesia. Sedangkan listrik juga akan mulai disalurkan pada April 2018 mendatang. Jalur layang dimulai dari area Depo dan Stasiun Lebak Bulus lalu menyusuri jalan R.A Kartini yang juga berdampingan dengan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR). 

(rei)

  • HOT !
    Kasus suap yang menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah sebagai tersangka berlanjut penyelidikannya. Kali ini melebar ke penggeledahan hingga total 10 lokasi di mana salah satunya adalah rumah bos alias petinggi atau CEO Lippo Group, James Riady. ...
  • HOT !
    Saat ini, kita sudah memasuki masa kampanye untuk Pilpres 2019. Kampanye sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan iklan kampanye....
  • HOT !
    Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) lalu mendapat ucapan dukacita baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Salah satunya adalah dari Ratu Elizabeth II....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)