home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menguak Penampakan Terowongan MRT yang Diklaim Mampu Bertahan hingga 100 Tahun

Jumat, 09 Februari 2018 11:00 by reinasoebisono | 10135 hits
Menguak Penampakan Terowongan MRT yang Diklaim Mampu Bertahan hingga 100 Tahun
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Pembangunan MRT semakin siap menyambut masyarakat DKI Jakarta dan mempermudah akses jalan dalam ibu kota. Memiliki dua jenis jalur yaitu jalur di atas tanah serta terowongan yang membentang 6 km dari Senayan hingga Bundaran HI.

Di jalur ini, melansir laman Detik, kereta MRT melintas melewati terowongan berdiameter 6.5 meter nantinya. Terowongan ini terbuat dari beton yang diproduksi oleh Wika Beton dan konstruksinya diyakini bisa tahan hingga 100 tahun lamanya.


Di dalam terowongan tersebut juga telah terbentang besi rel yang akan dipasang bantalan rel untuk melengkapi kontruksi jalur keretanya. Tak hanya terowongan, namun ada jalur maintenance atau emergency yang bisa digunakan untuk evakuasi.

Baca juga: Catat, TransJakarta dan MRT Hanya Jalan Sampai Jam 8 Malam Mulai Hari Ini

Pekerjaan terowongan sendiri telah selesai 100% dan tinggal menunggu penyelesaian pemasangan rel yang kini telah mencapai Dukuh Atas. Namun secara keseluruhan operasional, MRT Jakarta yang bekerjasama dengan beberapa pihak untuk pengoperasiannya sudah mencapai 45.54%. Hal itu termasuk persiapan institusi dan sumber daya manusia.


Pada akhir Maret nanti, kereta pertama MRT yang dibuat oleh Nippon Sharyo akan tiba di Indonesia. Sedangkan listrik juga akan mulai disalurkan pada April 2018 mendatang. Jalur layang dimulai dari area Depo dan Stasiun Lebak Bulus lalu menyusuri jalan R.A Kartini yang juga berdampingan dengan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR). 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)