SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menguak Penampakan Terowongan MRT yang Diklaim Mampu Bertahan hingga 100 Tahun

Jumat, 09 Februari 2018 11:00 by reinasoebisono | 9948 hits
Menguak Penampakan Terowongan MRT yang Diklaim Mampu Bertahan hingga 100 Tahun
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Pembangunan MRT semakin siap menyambut masyarakat DKI Jakarta dan mempermudah akses jalan dalam ibu kota. Memiliki dua jenis jalur yaitu jalur di atas tanah serta terowongan yang membentang 6 km dari Senayan hingga Bundaran HI.

Di jalur ini, melansir laman Detik, kereta MRT melintas melewati terowongan berdiameter 6.5 meter nantinya. Terowongan ini terbuat dari beton yang diproduksi oleh Wika Beton dan konstruksinya diyakini bisa tahan hingga 100 tahun lamanya.


Di dalam terowongan tersebut juga telah terbentang besi rel yang akan dipasang bantalan rel untuk melengkapi kontruksi jalur keretanya. Tak hanya terowongan, namun ada jalur maintenance atau emergency yang bisa digunakan untuk evakuasi.

Baca juga: Inilah Tarif Usulan MRT Jakarta Berdasarkan Kemampuan Membayar Masyarakat

Pekerjaan terowongan sendiri telah selesai 100% dan tinggal menunggu penyelesaian pemasangan rel yang kini telah mencapai Dukuh Atas. Namun secara keseluruhan operasional, MRT Jakarta yang bekerjasama dengan beberapa pihak untuk pengoperasiannya sudah mencapai 45.54%. Hal itu termasuk persiapan institusi dan sumber daya manusia.


Pada akhir Maret nanti, kereta pertama MRT yang dibuat oleh Nippon Sharyo akan tiba di Indonesia. Sedangkan listrik juga akan mulai disalurkan pada April 2018 mendatang. Jalur layang dimulai dari area Depo dan Stasiun Lebak Bulus lalu menyusuri jalan R.A Kartini yang juga berdampingan dengan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR). 

(rei)

  • HOT !
    Menjelang seremoni pembukaan Asian Games 2018 membuat sejumlah pintu tol di Jakarta mengalami sistem buka tutup. Pintu tol akan diberlakukan buka tutup saat para atlet melintas dari Wisma Atlet Kemayoran menuju Stadion Glora Bung Karno (GBK) Senayan....
  • HOT !
    Seorang anak berumur 3 tahun dinyatakan meninggal setelah tertinggal di dalam sebuah kendaraan van di Thailand. Polisi pun langsung menangkap supir jemputan sekolah tersebut....
  • HOT !
    Golongan pungut atau yang sering disebut Golput  adalah salah satu bentuk perlawanan terhadap praktik politik dari orang orang yang kecewa terhadap penyelenggaraan negara dengan cara tidak memilih partai atau legislator (dalam pemilu legislatif) atau Presiden (dalam pemilu Presiden)....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : karimaalkaff
Cast : Song Joong Ki, Krystal Jung (fX), Kang Minhyuk (CNBlue), Jessica Jung (SNSD)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)