SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Anies - Sandiaga Tak Kompak Soal Istilah Penanggulangan Banjir Jakarta

Kamis, 08 Februari 2018 12:20 by zia92 | 1698 hits
Anies - Sandiaga Tak Kompak Soal Istilah Penanggulangan Banjir Jakarta
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Banjir kiriman yang menimpa Jakarta bulan ini, mengingatkan kita akan program normalisasi sungai Ciliwung. Normalisasi sendiri merupakan program Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) yang gencar dilakukan pada era kepemimpinan sebelum Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Kini, Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu sama-sama ditanya sikap mereka terhadap program normalisasi.

Saat ditanya, Anies masih enggan mengungkapkan rencananya detail. Hanya saja, ia tidak menggunakan istilah normalisasi, melainkan naturalisasi sebagai program mengurangi banjir. "Salah satunya (solusi) ada soal naturalisasi sungai. Bagaimana sungai itu bisa mengelola air dengan baik, bagaimana mengamankan air tidak melimpah, tetapi juga ekosistem sungai dipertahankan," kata Anies, mengutip Kompas, Rabu (7/2).

Namun belum diketahui apakah konsep naturalisasi yang disampaikan Anies sama dengan normalisasi sungai. Berbeda dengan Anies, Sandiaga tetap menggunakan istilah normalisasi sungai. Ia membenarkan pemerintah akan tetap melanjutkan program itu. Namun, normalisasi yang disampaikan Sandiaga terkesan bersyarat.

Dalam hal ini, tugas Pemprov DKI adalah membantu BBWSCC membebaskan lahan. Pembebasan lahan diprioritaskan di tempat yang akan dinormalisasi BBWSCC. Hal itu membuat pembebasan lahan yang dilakukan Pemprov DKI menjadi lebih efektif. Kini, kata Sandiaga, normalisasi dan pembebasan lahannya dikerjakan sesuai keinginan warga.

Baca juga: Bukan Editan, Begini Pengakuan Pria yang Viral Makan Lele Saat Banjir Sepinggang

Sandiaga ingin menyesuaikan program itu dengan kesiapan warga. Jika warga sudah siap dipindah, maka Pemprov DKI baru akan melakukan pembebasan lahan. "Ya, akan ada (normalisasi) di tempat tertentu tergantung antisipasi dan keinginan dari masyarakat," katanya.

Normalisasi Sungai Ciliwung sudah dimulai pada kepemimpinan Gubernur Joko Widodo. Banjir besar 2012 membuat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama Pemprov DKI menormalisasi sungai tersebut.

Proyek normalisasi terbentang dari jembatan Jalan TB Simatupang hingga pintu air Manggarai yang diduduki warga dengan membangun banyak permukiman. Hingga 2017, titik yang baru dikerjakan adalah Kampung Pulo, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Cawang Pulo.

(fzh)

  • HOT !
    Konvoi kemenangan tim Persija akan dilaksanakan pada Sabtu (15/12) besok pagi di mana ratusan ribu pendukung dipastikan akan memenuhi beberapa jalanan di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun menghimbau warga untuk menghindari beberapa ruas jalan....
  • HOT !
    Kasus jual beli narkoba kembali diungkap oleh pihak kepolisian. Tapi kali ini transaksi narkoba itu disebutkan menjadi transaksi terbesar se Provinsi Banten. Polisi pun menangkap tangan dua orang pelaku....
  • HOT !
    Polsek Ciracas dilaporkan mendapat penyerangan oleh oknum massa tak dikenal. Para pelaku diketahui melakukan pengrusakan dan pembakaran hingga beberapa mobil kepolisian. Pihak berwajib pun memiliki dugaan motif penyerangan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)