SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Anies - Sandiaga Tak Kompak Soal Istilah Penanggulangan Banjir Jakarta

Kamis, 08 Februari 2018 12:20 by zia92 | 1619 hits
Anies - Sandiaga Tak Kompak Soal Istilah Penanggulangan Banjir Jakarta
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Banjir kiriman yang menimpa Jakarta bulan ini, mengingatkan kita akan program normalisasi sungai Ciliwung. Normalisasi sendiri merupakan program Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) yang gencar dilakukan pada era kepemimpinan sebelum Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Kini, Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu sama-sama ditanya sikap mereka terhadap program normalisasi.

Saat ditanya, Anies masih enggan mengungkapkan rencananya detail. Hanya saja, ia tidak menggunakan istilah normalisasi, melainkan naturalisasi sebagai program mengurangi banjir. "Salah satunya (solusi) ada soal naturalisasi sungai. Bagaimana sungai itu bisa mengelola air dengan baik, bagaimana mengamankan air tidak melimpah, tetapi juga ekosistem sungai dipertahankan," kata Anies, mengutip Kompas, Rabu (7/2).

Namun belum diketahui apakah konsep naturalisasi yang disampaikan Anies sama dengan normalisasi sungai. Berbeda dengan Anies, Sandiaga tetap menggunakan istilah normalisasi sungai. Ia membenarkan pemerintah akan tetap melanjutkan program itu. Namun, normalisasi yang disampaikan Sandiaga terkesan bersyarat.

Dalam hal ini, tugas Pemprov DKI adalah membantu BBWSCC membebaskan lahan. Pembebasan lahan diprioritaskan di tempat yang akan dinormalisasi BBWSCC. Hal itu membuat pembebasan lahan yang dilakukan Pemprov DKI menjadi lebih efektif. Kini, kata Sandiaga, normalisasi dan pembebasan lahannya dikerjakan sesuai keinginan warga.

Baca juga: Bukan Editan, Begini Pengakuan Pria yang Viral Makan Lele Saat Banjir Sepinggang

Sandiaga ingin menyesuaikan program itu dengan kesiapan warga. Jika warga sudah siap dipindah, maka Pemprov DKI baru akan melakukan pembebasan lahan. "Ya, akan ada (normalisasi) di tempat tertentu tergantung antisipasi dan keinginan dari masyarakat," katanya.

Normalisasi Sungai Ciliwung sudah dimulai pada kepemimpinan Gubernur Joko Widodo. Banjir besar 2012 membuat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama Pemprov DKI menormalisasi sungai tersebut.

Proyek normalisasi terbentang dari jembatan Jalan TB Simatupang hingga pintu air Manggarai yang diduduki warga dengan membangun banyak permukiman. Hingga 2017, titik yang baru dikerjakan adalah Kampung Pulo, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Cawang Pulo.

(fzh)

  • HOT !
    Presiden Jokowi akhirnya mengungkapkan cerita detail soal kunjungannya ke Afghanistan pada 29 Januari lalu. Kunjungan ini begitu menarik perhatian karena dianggap ‘nekat’, selepas adanya ratusan jiwa melayang akibat bom bunuh diri di Ibu Kota Kabul dua hari sebelum kedatangan Jokowi...
  • HOT !
    Dalam penyelenggaraan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2018 ini diperkirakan masih akan diancam oleh sederet isu yang pernah berkembang di pemilu pemilu sebelumnya. Hal itu bisa dihalau dengan bantuan masyarakat yang aktif dan tak mudah terprovokasi....
  • HOT !
    Sebuah museum di Lapangan Tahrir, Kairo, Mesir memamerkan sebuah artefak mumi yang menghebohkan dunia arkeolog dan media sosial. Pasalnya, mumi tersebut terlihat seperti tengah menjerit hingga dinamakan ‘screaming mummy’....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)