SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kata Ahli Soal Dugaan Penyebab Longsor Terowongan Bandara Soetta, Alam atau Teknis?

Rabu, 07 Februari 2018 23:00 by muthiasp | 2401 hits
Kata Ahli Soal Dugaan Penyebab Longsor Terowongan Bandara Soetta, Alam atau Teknis?
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Peristiwa longsor di Jalan Perimeter Selatan Bandara Soekarno-Hatta kemarin sempat menggegerkan banyak pihak karena menelan satu korban jiwa. Menurut badan geologi kemungkinan ini lah yang menjadi penyebab longsornya pondasi tersebut.

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rudy Suhendar, menegaskan bahwa longsor di Jalan Perimeter Selatan Bandar Udara Soekarno-Hatta (Soetta) murni terjadi bukan karena faktor alam.

"Kalau yang di Soekarno-Hatta adalah masalah civil engineering karena di situ sudah ada proses penggalian terhadap penahanan tembok jadi engineering-nya enggak kuat," kata Rudy, mengutip Liputan6.com.

"Yang di Soekarno-Hatta lebih kepada teknik sipil bukan geologi. Masalah-masalah teknik sipil dalam pembuatan underpass," Rudy menambahkan.

Baca juga: Duh, Salah Satu Stadion untuk Piala Dunia 2018 Kemarin Ini Longsor!

Pihak kepolisian juga masih terus menyelidiki penyebab longsor, yang akan dilakukan setelah proses recovery selesai, “Proses evakuasinya sudah dilakukan, itu dulu. Nanti setelah evakuasi, recovery selesai, dan lain sebagainya, Polri akan melakukan penyelidikan,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Muhammad Iqbal.

Nantinya pihak kepolisian akan menggandeng pihak-pihak ahli terkait seperti Labfor (Laboratorium Forensik) untuk mengetahui apa penyebab runtuhnya tembok tersebut.

Seperti yang sudah ramai diberitakan, tembok di Jalan Perimeter bagian selatan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, longsor pada Senin (05/02) sore kemarin. Satu mobil berpenumpang dua orang perempuan tertimbun reruntuhan tanah. Proses evakuasi berjalan selama kurang lebih 12 jam. Nahasnya, korban bernama Putri meninggal saat proses pemulihan di RS Mayapada, Tangerang.

(mth)

  • HOT !
    Lindu atau gempa berkekuatan di atas 6 Skala Richter umumnya mengakibatkan kerusakan bahkan tsunami di Indonesia. Namun ada fenomena tak biasa yang mengguncang lepas pantai Fiji pada Senin (19/11) hari ini waktu setempat....
  • HOT !
    Warga kampung Narogong, tepatnya di RT 10/03 Desa Kembang Kuning, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor pada hari Minggu (18/11) kemarin dihebohkan dengan temuan mayat dalam sebuah drum....
  • HOT !
    Penting namun kerap disepelekan dan sebenarnya adalah pelanggaran, bermain gadget seperti handphone dan sejenisnya ketika berkendara dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Tak lain alasannya karena dapat memecah konsentrasi, dan hal ini dianggap lumrah di Indonesia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Song Hyesun (OC) , Jae Hyun NCT , Kai EXO.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)