SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kata Ahli Soal Dugaan Penyebab Longsor Terowongan Bandara Soetta, Alam atau Teknis?

Rabu, 07 Februari 2018 23:00 by muthiasp | 2393 hits
Kata Ahli Soal Dugaan Penyebab Longsor Terowongan Bandara Soetta, Alam atau Teknis?
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Peristiwa longsor di Jalan Perimeter Selatan Bandara Soekarno-Hatta kemarin sempat menggegerkan banyak pihak karena menelan satu korban jiwa. Menurut badan geologi kemungkinan ini lah yang menjadi penyebab longsornya pondasi tersebut.

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rudy Suhendar, menegaskan bahwa longsor di Jalan Perimeter Selatan Bandar Udara Soekarno-Hatta (Soetta) murni terjadi bukan karena faktor alam.

"Kalau yang di Soekarno-Hatta adalah masalah civil engineering karena di situ sudah ada proses penggalian terhadap penahanan tembok jadi engineering-nya enggak kuat," kata Rudy, mengutip Liputan6.com.

"Yang di Soekarno-Hatta lebih kepada teknik sipil bukan geologi. Masalah-masalah teknik sipil dalam pembuatan underpass," Rudy menambahkan.

Baca juga: Duh, Salah Satu Stadion untuk Piala Dunia 2018 Kemarin Ini Longsor!

Pihak kepolisian juga masih terus menyelidiki penyebab longsor, yang akan dilakukan setelah proses recovery selesai, “Proses evakuasinya sudah dilakukan, itu dulu. Nanti setelah evakuasi, recovery selesai, dan lain sebagainya, Polri akan melakukan penyelidikan,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Muhammad Iqbal.

Nantinya pihak kepolisian akan menggandeng pihak-pihak ahli terkait seperti Labfor (Laboratorium Forensik) untuk mengetahui apa penyebab runtuhnya tembok tersebut.

Seperti yang sudah ramai diberitakan, tembok di Jalan Perimeter bagian selatan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, longsor pada Senin (05/02) sore kemarin. Satu mobil berpenumpang dua orang perempuan tertimbun reruntuhan tanah. Proses evakuasi berjalan selama kurang lebih 12 jam. Nahasnya, korban bernama Putri meninggal saat proses pemulihan di RS Mayapada, Tangerang.

(mth)

  • HOT !
    Menjelang seremoni pembukaan Asian Games 2018 membuat sejumlah pintu tol di Jakarta mengalami sistem buka tutup. Pintu tol akan diberlakukan buka tutup saat para atlet melintas dari Wisma Atlet Kemayoran menuju Stadion Glora Bung Karno (GBK) Senayan....
  • HOT !
    Seorang anak berumur 3 tahun dinyatakan meninggal setelah tertinggal di dalam sebuah kendaraan van di Thailand. Polisi pun langsung menangkap supir jemputan sekolah tersebut....
  • HOT !
    Golongan pungut atau yang sering disebut Golput  adalah salah satu bentuk perlawanan terhadap praktik politik dari orang orang yang kecewa terhadap penyelenggaraan negara dengan cara tidak memilih partai atau legislator (dalam pemilu legislatif) atau Presiden (dalam pemilu Presiden)....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : karimaalkaff
Cast : Song Joong Ki, Krystal Jung (fX), Kang Minhyuk (CNBlue), Jessica Jung (SNSD)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)