home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mirisnya Muncul Pemikiran 'Tidak Mungkin Kepala Daerah Tidak Lakukan Korupsi'

Jumat, 02 Februari 2018 11:51 by reinasoebisono | 2193 hits
Mirisnya Muncul Pemikiran 'Tidak Mungkin Kepala Daerah Tidak Lakukan Korupsi'
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Makin banyak kepala daerah terjerat kasus korupsi di Indonesia, salah satunya yang tengah jadi sorotan adalah Gubernur Jambi Zumi Zola yang status tersangkanya masih jadi pembicaraan karena KPK belum memberi kepastian.

Fenomena ini disebut Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun, justru karena ada celah dari peraturan di Indonesia itu sendiri. Melansir Metro TV News, ada regulasi bukan jaminan pidana korupsi tidak terjadi atau bahkan menurun.

Yang menjadi masalah mendasar adalah tingginya biaya politik ketika akan mencalonkan diri dalam pemilu. Sehingga mental ‘balik modal’ saat menjabat nantinya tidak heran masih terjadi. Belum lagi jika ada mahar politik dan perilaku ‘balas budi’ lainnya. Mirisnya, hal ini membuat munculnya pemikiran, tidak mungkin kepala daerah itu tidak korupsi.

Baca juga: Deretan Aset Mewah Milik 3 Petinggi Jiwasraya Disita Negara, Totalnya Miliaran!

"Sebagai contoh kalau bicara korupsi dari hulu dan hilir, saya kira kepala daerah itu rasanya tidak mungkin tidak korupsi apalagi jika melihat biaya politik yang begitu tinggi," ujar Refly. "Mencegahnya mau tidak mau biaya pilkada harus ditekan seminimal mungkin. Kemudian sistem pilkada harus bisa membatasi dan menganulir mereka yang curang,”

Mahar politik hanya satu beban, belum lagi ditambah biaya kampanye, biaya saksi hingga politik uang. Ilustrasinya, sebut saja minimal pencalonan seorang gubernur memerlukan biaya sekitar Rp 100 miliat per orang termasuk mahar politik yang berjumlah puluhan miliar.

Saat prakteknya, Mantan Dirjen Otonomi Daerah Djohermansyah Djohan juga menuturkan sistem penyusunan APBD oleh para kepala daerah hampir tidak ada kontrol ketika eksekutif dan legislatif membahasnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Melakukan verifikasi data diri dengan cara memberikan foto selfie dengan KTP mungkin bukan hal yang baru bagi banyak orang. Namun sebaiknya masyarakat harus hati hati ketika memberikan hal tersebut karena bisa membahayakan diri....
  • HOT !
    Setelah sempat terdengar kabar pemerintah akan membatalkan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28 dan 30 Oktober, dengan alasan karena dapat berpotensi meningkatkan kasus penularan Covid 19. Akhirnya pemerintah memutuskan untuk tidak membatalkan cuti bersama tersebut....
  • HOT !
    Manusia terus bereksprimen untuk bisa terbang tanpa pesawat. Baru baru ini, seorang pria kembali terlihat terbang di langit Los Angeles tepatnya di dekat Bandara Internasional Los Angeles dengan menggunakan jetpack....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)