SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ketahui Resikonya, 'Bulan Darah Biru' dan Dua Fenomena Lain Akan Hiasi Langit Indonesia

Selasa, 30 Januari 2018 17:20 by reinasoebisono | 10334 hits
Ketahui Resikonya, 'Bulan Darah Biru' dan Dua Fenomena Lain Akan Hiasi Langit Indonesia
Image source: Space Trendolizer

DREAMERS.ID - Tak hanya Supermoon, ternyata akan ada 3 fenomena langit sekaligus terjadi dan dapat disaksikan secara langsung di Indonesia pada 31 Januari besok. Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika pun menuturkan jenis, waktu bahkan resiko yang akan ditimbulkan.

Melansir laman Kompas, akan terjadi Supermoon, Bulan Biru dan Blood Moon yang akan berlangsung dalam satu malam. gerhana bulan yang akan berwarna biru itu berlangsung selama 5 jam 20,2 menit, tepatnya dari pukul 17.49 WIB hingga 23.09 WIB.

Sayang dilewatkan, karena Indonesia jadi salah satu negara yang bisa menyaksikan langsung peristiwa langka yang terakhir terjadi 150 tahun yang lalu itu. Nyatanya, keindahan bulan malam itu harus diwaspadai karena menimbulkan beberapa resiko pada alam.

Salah satunya adalah pasang air laut jadi maksimal dan terjadi di sejumlah daerah seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, selatan Lampung, utara Jakarta, utara Jawa Tengah, utara Jawa Timur, dan Kalimantan Barat.

"Pasang air laut mencapai 1,5 meter, meski juga dapat terjadi air laut surut 100 sampai 110 sentimeter pada tanggal 30 Januari hingga 1 Februari 2018," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. "Kami minta untuk diwaspadai karena fenomena super blue blood moon dapat mengganggu transportasi akibat adanya rob atau pasang maksimum, dan juga dapat mengganggu aktivitas petani garam, perikanan darat serta kegitan bongkar muat di pelabuhan,"

Selain itu, BMKG juga memperkirakan cuaca hujan sedang hingga lebat hingga Sabtu (3/1) mendatang di 21 provinsi di Indonesia. Tekanan udara tinggi di belahan bumi utara akan bergerak ke Asia dan Australia. Hal itulah yang menyebabkan wilayah Indonesia akhir-akhir ini terlewati aliran udara dingin.

"Waspadai hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon dan baliho tumbang. Jika hujan disertai kilat dan petir sebaiknya tidak berlindung di bawah pohon. Kewaspadaan juga perlu ditingkatkan bagi pengguna kapal ukuran kecil. Menunda penangkapan ikan secara tradisional hingga gelombang tingi mereda," pesan Dwikorita.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Gelaran ajang balap mobil internasional Formula E akan digelar pada Juni 2020 mendatang di DKI Jakarta. Sempat simpang siur, kini Gubernur Anies Baswedan pun buka suara....
  • HOT !
    Publik tengah dihebohkan dengan polisi Korea Selatan yang dikatakan telah menemukan pelaku kasus pembunuhan paling keji di Negeri Ginseng. Namun pada Kamis (19/9), polisi menyatakan bahwa pria 56 tahun yang diidentifikasi sebagai tersangka utama kasus tersebut membantah terlibat dalam pembunuhan berantai....
  • HOT !
    Pemerintah berencana untuk meresmikan status ibu kota Indonesia yang baru pada tahun 2020. Sebelum peresmian tersebut, rancangan undang undang yang mengatur status ibu kota ditargetkan akan selesai akhir tahun ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)