home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Presiden Korsel Setujui Pelengseran Pimpinan Stasiun TV KBS yang Langgar Etika Jurnalisme

Selasa, 23 Januari 2018 15:42 by muthiasp | 1939 hits
Presiden Korsel Setujui Pelengseran Pimpinan Stasiun TV KBS yang Langgar Etika Jurnalisme
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Beberapa bulan kebelakang, sistem penyiaran publik di Korea Selatan mengalami krisis besar. Pimpinan dua stasiun televisinya terbukti melakukan pelanggaran terhadap etika jurnalisme, dengan turut campur dan mengontrol pemberitaan, salah satunya pimpinan KBS.

Selama kurang lebih 141 hari, hampir seluruh pegawai stasiun televisi KBS melakukan aksi mogok kerja yang berimbas kepada berhentinya sejumlah program. Akhirnya pada 22 diadakan pertemuan tertutup guna memutuskan masa depan posisi Presiden KBS Ko Dae Young, yang nantinya diputuskan oleh presiden Korea Selatan.

Pada Selasa (23/01), Presiden Moon Jae In pun merilis pernyataan resmi bahwa ia mengabulkan hasil pertemuan tersebut yaitu menyetujui dicabutnya Ko Dae Young dari jabatan Presiden atau pimpinan stasiun televisi KBS.

Menyusul pengumuman tersebut, Kantor Pusat KBS dari Serikat Nasional Pekerja Media juga memberikan pernyataan resminya yang berbunyi, “Kami menang. Kami telah melakukan 141 hari mogok kerja, dan Ko Dae Young akhirnya keluar. Meskipun perjuangan kita lebih lama dibanding MBC, yang mulai aksi di hari yang sama seperti kita, yang terpenting adalah kita bisa mewujudkan ini dengan usaha kita sendiri”.

Baca juga: BTS Reuni dengan Presiden Moon Jae In di Acara Hari Pemuda Nasional Pertama Korsel

“KBS sekarang berdiri di garis terdepan untuk memulai hal baru,” mengutip Naver. Dengan diberhentikannya Ko Dae Young, para pekerja yang mengikuti aksi mogok dijadwalkan untuk mulai bekerja pada 24 Januari 2018.

Sebelumnya, stasiun televisi MBC juga mengalami hal yang sama sehingga banyak juga pegawainya yang melakukan mogok kerja hingga menganggu produksi sejumlah programnya. Pada bulan November lalu, pimpinan MBC sudah dilengserkan dari jabatannya usai membuat pemberitaan yang memihak ke mantan presiden Park Geun Hye.

Baca Juga: Kejaksaan Korsel Mulai Investigasi Kasus Dugaan Suap Petinggi Stasiun Televisi KBS

(mth)

Komentar
  • HOT !
      Setiap tahun, majalah TIME menerbitkan daftar 100 orang yang dianggap paling berpengaruh. Tidak mudah untuk masuk ke dalam daftar itu, karena semua yang terpilih dikatakan telah mengubah dunia dengan cara tertentu, terlepas dari konsekuensinya....
  • HOT !
    Belakangan ini hujan lebat melanda sejumlah wilayah di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Belum berakhir, BMKG memberikan peringatan bahwa cuaca ekstrem akan melanda hampir seluruh Indonesia selama sepekan ke depan....
  • HOT !
    Satuan Tugas Nasional Penanganan COVID 19 saat ini tengah mengembangkan teknologi masker kain yang memiliki lapisan sebanyak 5 lapis, untuk mencegah penyebaran virus corona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)