home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dinilai Mirip, Ini Bedanya Program DP 0 Rupiah Anies Baswedan dengan Program Rumah Jokowi

Sabtu, 20 Januari 2018 17:25 by Dits | 2488 hits
Dinilai Mirip, Ini Bedanya Program DP 0 Rupiah Anies Baswedan dengan Program Rumah Jokowi
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Program rumah DP 0 rupiah kembali disorot setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembangunan rumah susun sederhana milik (rusunami) pertama di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Program rumah DP 0 rupiah itu lantas disebut mirip dengan program sejuta rumah milik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi kemiripan dilihat dari skema pembelian rumah tanpa uang muka yang dicetuskan Gubernur Anies Baswedan. Akan tetapi diakuinya, harga jual yang ditentukan Anies terlampau mahal dibandingkan program Jokowi.

"Sehingga tidak dapat dijangkau masyarakat berpenghasilan rendah," ujar Prasetyo, melansir Tempo, Jumat, (19/1).

Program rumah Jokowi yang berupa rumah tapak hanya dihargai sekitar Rp 100 juta sampai Rp 135 juta dengan cicilan mulai dari Rp 825 ribu sampai Rp 1,1 juta per bulan. Program tersebut menggunakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) alias program KPR dengan subsidi bunga 5,5 persen per tahun dan jangka waktu 20 tahun.

Baca juga: Respon Anies dan Ganjar yang Kompak Akan Maju Gugatan Ke MK

"Dengan begitu sesuai persyaratan bank, masyarakat dengan pendapatan Rp 3 juta per bulan masih bisa mencicil," lanjut Prasetyo.

Prasetyo melanjutkan, sedangkan program milik Anies berupa rumah vertical dihargai sekitar Rp 185 juta sampai Rp 320 juta. Warga Jakarta yang ingin memiliki hunian tersebut harus mencicil Rp 1,5 juta sampai Rp 2,6 juta per bulan.

Jumlah cicilan dinilai terlalu mahal untuk pekerja di DKI yang memiliki upah minimum regional Rp 3,6 juta. Cicilan hanya cocok untuk mereka yang punya penghasilan Rp 4,5 juta per bulan. Prasetyo lantas menilai program milik Anies Baswedan tidak diperuntukkan bagi mereka yang berpenghasilan rendah akan tetapi untuk kelas menengah.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)