SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Empat Bayi Baru Lahir di Korsel Meninggal Keracunan Darah, Dokter dan Perawat Terlibat?

Jumat, 12 Januari 2018 13:50 by reinasoebisono | 2253 hits
Empat Bayi Baru Lahir di Korsel Meninggal Keracunan Darah, Dokter dan Perawat Terlibat?
Image source: Yonhap News

DREAMERS.ID - Korea Selatan menyoroti kematian berturut-turut bayi yang baru lahir di ICU rumah sakit pada bulan lalu. Selesai melakukan penyelidikan, kepolisian kini mengungkap penyebab dan kemungkinan mereka yang memiliki andil.

Serangkaian tes menunjukkan jika kematian tersebut disebabkan oleh keracunan darah akibat infeksi bakteri, menurut kepolisian pada Jumat (12/1) melansir laman Korea Herald. Darah bayi-bayi tersebut terinfeksi bakteri Citrobacter freundii.

Bakteri ini bisa berakibat gejala fatal pada pasiennya, termasuk bayi yang prematur. Hasil ini dikeluarkan oleh Kepolisian Kota Seoul dari autopsi yang dilakukan Layanan Forensik Natsional (NFS) yang berujung pada rencana pendakwaan 5 staf medis di Rumah sakit Universitas Wanita Ewha.

Baca juga: Studi Tunjukkan Wanita Asing yang Menikah dengan Pria Korsel Mendapat 'Pelecehan' Ekonomi

Mereka termasuk kepala dokter dan perawat yang bertugas dengan tuduhan pembunuhan tanpa disengaja karena mengabaikan tugas yang mengakibatkan kematian pada bayi-bayi itu. NFS mengatakan jika suntikan suplemen gizi pada bayi-bayi itu terkontaminasi sejak awal atau saat dibuka.

“Sangat jarang kematian oleh infeksi bakteri terjadi pada waktu yang hampir bersamaan,” kata NFS. “Berdasarkan fakta jika semua bayi menunjukkan perubahan drastis dalam detak jantung dan perut kembung, kemungkinan mereka terinfeksi sekitar waktu yang sama, menghasilkan perkembangan yang serupa,”

Pada 16 Desember lalu, 4 bayi prematur meninggal dalam kurun waktu dua jam saat mendapat perawatan di rumah sakit di bagian Barat Seoul. Autopsi postmortem awal meningkatkan kemungkinan jika mereka terinfeksi oleh jenis bakteri yang sama.

(rei)

  • HOT !
    Pihak Basarnas yang mengkoordinasikan pencarian KM Sinar Bangun yang masih tenggelam bersama puluhan penumpangnya, akuirnya menemukan dan berhasil mendeteksi posisi kapal itu di kedalaman Danau Toba, Sumatera Utara....
  • HOT !
    Sidang vonis terhadap terdakwa teroris Aman Abdurrahman sempat diwarnai skors saat baru saja dimulai sekitar 2 menit. Hakim ketua sidang, Akhmad Jaeni menskors dengan alasan untuk menetralisasi ruang sidang dari ala tkomunikasi dan kamera karena dilarangnya siaran langsung oleh media mau pun akun sosial media via smartphone....
  • HOT !
    Tagar #HBDJokowiKerjaPakaiHati langsung jadi trending topic mengiringi hari ulang tahun ke 57 Presiden Jokowi. Tapi ternyata ada cerita lucu di balik sosok Jokowi yang mengaku suka lupa jika ia tengah berulang tahun....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : bellecious0193
Cast : Wu Yi Fan aka Kris Wu, Lee Na Ra (oc), Cho Kyuhyun, Lee Hea Ae (oc), Oh Sehun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)