SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tanggapan KPK Soal Setya Novanto Ingin Bantu Ungkap Pelaku Kelas Kakap di Kasus e-KTP

Kamis, 11 Januari 2018 16:00 by Dits | 6606 hits
Tanggapan KPK Soal Setya Novanto Ingin Bantu Ungkap Pelaku Kelas Kakap di Kasus e-KTP
Image source: detik.com

DREAMERS.ID -Tersangka kasus megakorupsi e-KTP, Setya Novanto secara mengejutkan mengajukan diri sebagai Justice Collaborator (JC) atau saksi pelaku yang akan bekerja sama dengan penegak hukum yaitu KPK. Novanto dikabarkan akan mengungkap pelaku ‘kelas kakap’ dalam kasus korupsi tersebut. Lantas apa tanggapan KPK?

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, mengungkapkan kalau salah satu syarat untuk mendapatkan status Justice Collaborator, Novanto harus mengakui perbuatannya dulu. "Pertama, syarat JC tersangka mengakui perbuatannya, prinsip JC pelaku mau bekerja sama,” ujar Febri seperti dilansir Detik, Rabu (11/1).

KPK berharap mantan Ketua DPR itu bisa bekerja sama dengan baik untuk membongkar sejumlah pihak yang punya peran lebih besar dari dirinya. Meski sejauh ini, ia masih merahasiakan sosok yang akan diungkap ke publik.

"Kedua, pelaku mau terbuka terkait keterlibatan pihak lain, aktor lebih tinggi," lanjut Febri.

Baca juga: Wakil Ketua KPK dan Juru Bicaranya Bakal Dipolisikan Mantan Pengacara Setnov, Fredrich Yunadi!

Sebagai pengingat, padahal dalam sejumlah kesempatan baik saat menjadi saksi atau tersangka, Novanto kerap menolak tudingan terlibat kasus megakorupsi e-KTP. Sampai saat ini pun ia belum terbuka atas perbuatannya.

Menurut Febri, pimpinan KPK masih mempelajari dan mempertimbangkan pengajuan Novanto menjadi Justice Collaborator. Pimpinan KPK lah yang akan menentukan nasib Novanto selanjutnya.

"Kami baru terima surat tersebut hari ini (kemarin-red). Itu baru diajukan tadi, kita harus bicara rinci," pungkas Febri. 

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membahas banyak hal saat jadi pembicara di pembicara di Ponpes Daar El Qolam 3, Desa Pangkat, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Sabtu (20/1)....
  • HOT !
    Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama dengan wakilnya Sandiaga Uno kerap kali mengundang pro dan kontra di kalangan masyarakat. Mulai dari OK Otrip, Becak yang akan beroperasi di Jakarta hingga down payment (DP) 0 rupiah. Meski demikian, Anies tak ingin ambil pusing soal perdebatan tersebut, baginya adanya pro kontra sudah biasa dalam setiap kebijakan....
  • HOT !
    Manusia mengirimkan berbagai material dan stasiun ke ruang angkasa untuk penelitian. Namun tak jarang yang dikirimkan ke luar angkasa akan kembali jatuh ke Bumi dengan berbagai alasan, termasuk rute orbit yang dilaluinya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : SMEnt artist

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)