SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tanggapan KPK Soal Setya Novanto Ingin Bantu Ungkap Pelaku Kelas Kakap di Kasus e-KTP

Kamis, 11 Januari 2018 16:00 by Dits | 6883 hits
Tanggapan KPK Soal Setya Novanto Ingin Bantu Ungkap Pelaku Kelas Kakap di Kasus e-KTP
Image source: detik.com

DREAMERS.ID -Tersangka kasus megakorupsi e-KTP, Setya Novanto secara mengejutkan mengajukan diri sebagai Justice Collaborator (JC) atau saksi pelaku yang akan bekerja sama dengan penegak hukum yaitu KPK. Novanto dikabarkan akan mengungkap pelaku ‘kelas kakap’ dalam kasus korupsi tersebut. Lantas apa tanggapan KPK?

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, mengungkapkan kalau salah satu syarat untuk mendapatkan status Justice Collaborator, Novanto harus mengakui perbuatannya dulu. "Pertama, syarat JC tersangka mengakui perbuatannya, prinsip JC pelaku mau bekerja sama,” ujar Febri seperti dilansir Detik, Rabu (11/1).

KPK berharap mantan Ketua DPR itu bisa bekerja sama dengan baik untuk membongkar sejumlah pihak yang punya peran lebih besar dari dirinya. Meski sejauh ini, ia masih merahasiakan sosok yang akan diungkap ke publik.

"Kedua, pelaku mau terbuka terkait keterlibatan pihak lain, aktor lebih tinggi," lanjut Febri.

Baca juga: Dari Kecelakaan Palsu sampai Kini Sel Palsu, Ini Kondisi Setnov di Dalam Penjara

Sebagai pengingat, padahal dalam sejumlah kesempatan baik saat menjadi saksi atau tersangka, Novanto kerap menolak tudingan terlibat kasus megakorupsi e-KTP. Sampai saat ini pun ia belum terbuka atas perbuatannya.

Menurut Febri, pimpinan KPK masih mempelajari dan mempertimbangkan pengajuan Novanto menjadi Justice Collaborator. Pimpinan KPK lah yang akan menentukan nasib Novanto selanjutnya.

"Kami baru terima surat tersebut hari ini (kemarin-red). Itu baru diajukan tadi, kita harus bicara rinci," pungkas Febri. 

(dits)

  • HOT !
    Menjelang seremoni pembukaan Asian Games 2018 membuat sejumlah pintu tol di Jakarta mengalami sistem buka tutup. Pintu tol akan diberlakukan buka tutup saat para atlet melintas dari Wisma Atlet Kemayoran menuju Stadion Glora Bung Karno (GBK) Senayan....
  • HOT !
    Seorang anak berumur 3 tahun dinyatakan meninggal setelah tertinggal di dalam sebuah kendaraan van di Thailand. Polisi pun langsung menangkap supir jemputan sekolah tersebut....
  • HOT !
    Golongan pungut atau yang sering disebut Golput  adalah salah satu bentuk perlawanan terhadap praktik politik dari orang orang yang kecewa terhadap penyelenggaraan negara dengan cara tidak memilih partai atau legislator (dalam pemilu legislatif) atau Presiden (dalam pemilu Presiden)....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : karimaalkaff
Cast : Song Joong Ki, Krystal Jung (fX), Kang Minhyuk (CNBlue), Jessica Jung (SNSD)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)