SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tanggapan KPK Soal Setya Novanto Ingin Bantu Ungkap Pelaku Kelas Kakap di Kasus e-KTP

Kamis, 11 Januari 2018 16:00 by Dits | 6692 hits
Tanggapan KPK Soal Setya Novanto Ingin Bantu Ungkap Pelaku Kelas Kakap di Kasus e-KTP
Image source: detik.com

DREAMERS.ID -Tersangka kasus megakorupsi e-KTP, Setya Novanto secara mengejutkan mengajukan diri sebagai Justice Collaborator (JC) atau saksi pelaku yang akan bekerja sama dengan penegak hukum yaitu KPK. Novanto dikabarkan akan mengungkap pelaku ‘kelas kakap’ dalam kasus korupsi tersebut. Lantas apa tanggapan KPK?

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, mengungkapkan kalau salah satu syarat untuk mendapatkan status Justice Collaborator, Novanto harus mengakui perbuatannya dulu. "Pertama, syarat JC tersangka mengakui perbuatannya, prinsip JC pelaku mau bekerja sama,” ujar Febri seperti dilansir Detik, Rabu (11/1).

KPK berharap mantan Ketua DPR itu bisa bekerja sama dengan baik untuk membongkar sejumlah pihak yang punya peran lebih besar dari dirinya. Meski sejauh ini, ia masih merahasiakan sosok yang akan diungkap ke publik.

"Kedua, pelaku mau terbuka terkait keterlibatan pihak lain, aktor lebih tinggi," lanjut Febri.

Baca juga: Pengakuan Almarhum Saksi Kunci Kasus Korupsi yang Akui Benar Menyuap Setya Novanto

Sebagai pengingat, padahal dalam sejumlah kesempatan baik saat menjadi saksi atau tersangka, Novanto kerap menolak tudingan terlibat kasus megakorupsi e-KTP. Sampai saat ini pun ia belum terbuka atas perbuatannya.

Menurut Febri, pimpinan KPK masih mempelajari dan mempertimbangkan pengajuan Novanto menjadi Justice Collaborator. Pimpinan KPK lah yang akan menentukan nasib Novanto selanjutnya.

"Kami baru terima surat tersebut hari ini (kemarin-red). Itu baru diajukan tadi, kita harus bicara rinci," pungkas Febri. 

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Kasus tayangan program televisi Dahsyat yang menuai kontroversi berbuntut panjang. Setelah melaporkan salah satu host nya Felicya Angelista dan program Dahsyat RCTI ke Polda Metro Jaya, kini Ormas Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat IB) meminta program tersebut berhenti tayang....
  • HOT !
    Masih ingat dengan ratusan pangeran dan pejabat yang diciduk Komisi Anti Korupsi Arab Saudi yang isunya disiksa demi kepentingan interogasi? Belum lagi mereka harus memberi uang yang jumlahnya fantastis jika ingin bebas....
  • HOT !
    Tak banyak negara yang memberikan dana hibah dengan jumlah fantastis untuk negara lain. Namun Negeri Gingseng Korea Selatan memiliki pemikiran lain dengan memberi dana puluhan miliar untuk kelestarian alam Indonesia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)