SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ledakan-ledakan Listrik Akibat Dampak Gempa Hebat Laut Karibia Berujung Peringatan Tsunami

Rabu, 10 Januari 2018 13:50 by reinasoebisono | 1334 hits
Ledakan-ledakan Listrik Akibat Dampak Gempa Hebat Laut Karibia Berujung Peringatan Tsunami
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Berita gempa yang terjadi di Honduras meramaikan pemberitaan dunia karena memiliki skala sangat besar, yaitu 7.6 Skala Richter (SR) pada Selasa (9/1) malam waktu setempat atau hari Rabu (10/1) waktu Indonesia.

Meski terjadi di laut, sekitar 519 kilometer sebelah timur Kepulauan Honduras, gempanya terasa hingga ibu kota, Tegucigalpa. Peringatan tsunami pun telah dikeluarkan oleh otoritas setempat yang menghimbau masyarakat untuk bersiaga.

Melansir CNN Indonesia, Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan gempa yang semula tercatat berkekuatan 7,8 skala richter itu berpusat 202 kilometer dari timur Laut Barra Patuca, salah satu pulau terkecil Honduras, dan 307 kilometer dari barat daya George Town, Kepulauan Cayman.


Image source: Earthquake.usgs.gov

Baca juga: Awas Hoax! Beredar Kabar Gempa Susulan Sebesar 8.4 dan 7.5 Skala Richter

Namun guncangan gempa sangat terasa di daratan karena dilaporkan berada hanya di 10 kilometer dari bawah laut. Hingga kini belum ada aparat berwenang yang menerima laporan kerusakan atau korban akibat bencana tersebut.

Tapi beberapa video netizen tersebar di media sosial terutama Twitter yang memperlihatkan kepanikan warga yang terkena dampak pasca gempa 7.6 SR itu. Beberapa lampu jalan terlihat mengeluarkan percikan api dan meledak singkat, sebelum akhirnya lampu di wilayah tersebut padam.

Belum jelas tepatnya di daerah mana dampak gempa itu terjadi, namun sang pemilik video memberi keterangan jika hal itu terjadi setelah gempa melanda Laut Karibia yang kini diperbincangkan itu. Netizen pun ramai-ramai menyampaika doa untuk warga di sekitar gempa yang hingga kini masih dimungkinkan terkena tsunami.

(rei)

  • HOT !
    Kasus suap yang menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah sebagai tersangka berlanjut penyelidikannya. Kali ini melebar ke penggeledahan hingga total 10 lokasi di mana salah satunya adalah rumah bos alias petinggi atau CEO Lippo Group, James Riady. ...
  • HOT !
    Saat ini, kita sudah memasuki masa kampanye untuk Pilpres 2019. Kampanye sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan iklan kampanye....
  • HOT !
    Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) lalu mendapat ucapan dukacita baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Salah satunya adalah dari Ratu Elizabeth II....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)