home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ledakan-ledakan Listrik Akibat Dampak Gempa Hebat Laut Karibia Berujung Peringatan Tsunami

Rabu, 10 Januari 2018 13:50 by reinasoebisono | 1431 hits
Ledakan-ledakan Listrik Akibat Dampak Gempa Hebat Laut Karibia Berujung Peringatan Tsunami
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Berita gempa yang terjadi di Honduras meramaikan pemberitaan dunia karena memiliki skala sangat besar, yaitu 7.6 Skala Richter (SR) pada Selasa (9/1) malam waktu setempat atau hari Rabu (10/1) waktu Indonesia.

Meski terjadi di laut, sekitar 519 kilometer sebelah timur Kepulauan Honduras, gempanya terasa hingga ibu kota, Tegucigalpa. Peringatan tsunami pun telah dikeluarkan oleh otoritas setempat yang menghimbau masyarakat untuk bersiaga.

Melansir CNN Indonesia, Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan gempa yang semula tercatat berkekuatan 7,8 skala richter itu berpusat 202 kilometer dari timur Laut Barra Patuca, salah satu pulau terkecil Honduras, dan 307 kilometer dari barat daya George Town, Kepulauan Cayman.


Image source: Earthquake.usgs.gov

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

Namun guncangan gempa sangat terasa di daratan karena dilaporkan berada hanya di 10 kilometer dari bawah laut. Hingga kini belum ada aparat berwenang yang menerima laporan kerusakan atau korban akibat bencana tersebut.

Tapi beberapa video netizen tersebar di media sosial terutama Twitter yang memperlihatkan kepanikan warga yang terkena dampak pasca gempa 7.6 SR itu. Beberapa lampu jalan terlihat mengeluarkan percikan api dan meledak singkat, sebelum akhirnya lampu di wilayah tersebut padam.

Belum jelas tepatnya di daerah mana dampak gempa itu terjadi, namun sang pemilik video memberi keterangan jika hal itu terjadi setelah gempa melanda Laut Karibia yang kini diperbincangkan itu. Netizen pun ramai-ramai menyampaika doa untuk warga di sekitar gempa yang hingga kini masih dimungkinkan terkena tsunami.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)