SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ledakan-ledakan Listrik Akibat Dampak Gempa Hebat Laut Karibia Berujung Peringatan Tsunami

Rabu, 10 Januari 2018 13:50 by reinasoebisono | 1275 hits
Ledakan-ledakan Listrik Akibat Dampak Gempa Hebat Laut Karibia Berujung Peringatan Tsunami
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Berita gempa yang terjadi di Honduras meramaikan pemberitaan dunia karena memiliki skala sangat besar, yaitu 7.6 Skala Richter (SR) pada Selasa (9/1) malam waktu setempat atau hari Rabu (10/1) waktu Indonesia.

Meski terjadi di laut, sekitar 519 kilometer sebelah timur Kepulauan Honduras, gempanya terasa hingga ibu kota, Tegucigalpa. Peringatan tsunami pun telah dikeluarkan oleh otoritas setempat yang menghimbau masyarakat untuk bersiaga.

Melansir CNN Indonesia, Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan gempa yang semula tercatat berkekuatan 7,8 skala richter itu berpusat 202 kilometer dari timur Laut Barra Patuca, salah satu pulau terkecil Honduras, dan 307 kilometer dari barat daya George Town, Kepulauan Cayman.


Image source: Earthquake.usgs.gov

Namun guncangan gempa sangat terasa di daratan karena dilaporkan berada hanya di 10 kilometer dari bawah laut. Hingga kini belum ada aparat berwenang yang menerima laporan kerusakan atau korban akibat bencana tersebut.

Tapi beberapa video netizen tersebar di media sosial terutama Twitter yang memperlihatkan kepanikan warga yang terkena dampak pasca gempa 7.6 SR itu. Beberapa lampu jalan terlihat mengeluarkan percikan api dan meledak singkat, sebelum akhirnya lampu di wilayah tersebut padam.

Belum jelas tepatnya di daerah mana dampak gempa itu terjadi, namun sang pemilik video memberi keterangan jika hal itu terjadi setelah gempa melanda Laut Karibia yang kini diperbincangkan itu. Netizen pun ramai-ramai menyampaika doa untuk warga di sekitar gempa yang hingga kini masih dimungkinkan terkena tsunami.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membahas banyak hal saat jadi pembicara di pembicara di Ponpes Daar El Qolam 3, Desa Pangkat, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Sabtu (20/1)....
  • HOT !
    Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama dengan wakilnya Sandiaga Uno kerap kali mengundang pro dan kontra di kalangan masyarakat. Mulai dari OK Otrip, Becak yang akan beroperasi di Jakarta hingga down payment (DP) 0 rupiah. Meski demikian, Anies tak ingin ambil pusing soal perdebatan tersebut, baginya adanya pro kontra sudah biasa dalam setiap kebijakan....
  • HOT !
    Manusia mengirimkan berbagai material dan stasiun ke ruang angkasa untuk penelitian. Namun tak jarang yang dikirimkan ke luar angkasa akan kembali jatuh ke Bumi dengan berbagai alasan, termasuk rute orbit yang dilaluinya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : SMEnt artist

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)