SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Aksi Sigap Paspampres Antisipasi Ancaman Racun Terhadap Jokowi yang Hobi Mendadak Kuliner

Jumat, 05 Januari 2018 12:00 by reinasoebisono | 4772 hits
Aksi Sigap Paspampres Antisipasi Ancaman Racun Terhadap Jokowi yang Hobi Mendadak Kuliner
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Belakangan ini, Presiden Jokowi memiliki hobi ‘merakyat’ lain yaitu mendadak mencicipi makanan dan minuman saat kunjungan kerja. Seperti waktu singgah di kedai kopi Aming Coffee di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis 28 Desember 2017 lalu.

Namun hal itu diakui menjadi tantangan tersendiri untuk Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres karena harus memastikan keamanan tak hanya soal fisik luar, namun juga apa pun yang akan dikonsumsi presiden.

"Bapak (Presiden Jokowi) kan sangat merakyat sekali ya. Mencicipi makanan-makanan tradisional yang ada di daerah. Nah itu memang tantangan buat kami yang harus kami lakukan memastikan keamanan makanan. Memang tetap kami harus melakukan pemeriksaan lebih awal," ujar Komandan Detasemen Kesehatan Paspampres Letkol Ckm dr Satria.


Pemeriksaan kimiawi terhadap makanan yang akan dikonsumsi Presiden Jokowi (Kompas)

Satria menuturkan, setiap makanan dan minuman yang disajikan untuk presiden, wakil presiden, dan tamu negara beserta keluarganya harus melalui pemeriksaan Paspampres. Begitu juga makanan yang diberikan oleh kerabat dan kolega presiden.

"Kemudian, kalau tiba-tiba secara gerakan Presiden akan menyantap makanan, maka kami akan melakukan organoleptik, kita langsung minta, kita langsung rasakan di tempat, memastikan makanan itu bebas dari bahan berbahaya atau racun," kata Satria.

Baca juga: Kasus Sekejap Viral, Begini Jaminan Jokowi Berikan Grasi Jika PK Baiq Nuril Ditolak Mahkamah Agung

Harus dilakukan dengan cepat, Paspampres bertanggungjawab memastikan bahan yang digunakan hingga makanan tersebut disajikan bebas dari racun. Tak hanya makanan basah, namun makanan dan minuman ringan juga kebagian diperiksa. Begitu pula dengan alat memasak dan wadahnya tak luput dari proses sterilisasi.


Image source: Kompas

Ada empat parameter yang dilakukan dalam serangkaian tes menggunakan alat khusus, yakni memastikan makanan dan minuman bebas dari sianida, acid, arsenik, dan formalin. "Meskipun sekarang sudah berkembang ada beberapa parameter, tetapi empat itu yang harus kami pastikan bahwa makanan ini layak atau tidak untuk dikonsumsi," tuturnya.

Namun seringkali tak cukup waktu untuk melalukan pemeriksaan kimiawi. Karena itu paspampres wajib memeriksa makanan secara organoleptik alias mencobanya langsung dalam keadaan mendesak.

"Sekarang ini kan ancaman tidak hanya terlihat secara fisik, kasus Kim Jong Nam, misalnya. Sekarang ini ancaman atau perang sifatnya tidak secara frontal. Bisa dalam bentuk kimiawi atau racun. Itu yang harus kami antisipasi. Pastinya kami tidak memilah-milah. Semua makanan yang akan dikonsumsi oleh VVIP, kami akan melaksanakan pemeriksaan terlebih dulu," ucap Satria.

(rei)

  • HOT !
    Lindu atau gempa berkekuatan di atas 6 Skala Richter umumnya mengakibatkan kerusakan bahkan tsunami di Indonesia. Namun ada fenomena tak biasa yang mengguncang lepas pantai Fiji pada Senin (19/11) hari ini waktu setempat....
  • HOT !
    Warga kampung Narogong, tepatnya di RT 10/03 Desa Kembang Kuning, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor pada hari Minggu (18/11) kemarin dihebohkan dengan temuan mayat dalam sebuah drum....
  • HOT !
    Penting namun kerap disepelekan dan sebenarnya adalah pelanggaran, bermain gadget seperti handphone dan sejenisnya ketika berkendara dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Tak lain alasannya karena dapat memecah konsentrasi, dan hal ini dianggap lumrah di Indonesia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Song Hyesun (OC) , Jae Hyun NCT , Kai EXO.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)