SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hati-hati Bedakan Air Mineral dan Sabu Cair yang Jadi Modus Pertama Ditemukan di Indonesia

Selasa, 19 Desember 2017 14:00 by reinasoebisono | 2258 hits
Hati-hati Bedakan Air Mineral dan Sabu Cair yang Jadi Modus Pertama Ditemukan di Indonesia
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Mengejutkan ketika Badan Narkotika Nasional atau BNN menggerebek diskotek MG di bilangan Jalan Pangeran Tubagus Angke, Jakarta Barat. Karena selain ditemukan narkoba dengan modus baru, lokasi tersebut juga dijadikan sebagai pabrik produksi barang haram tersebut.

Sayangnya, masyarakat awam Indonesia belum banyak mengenal istilah sabu cair yang dimanfaatkan oleh penjual barang atau diskotek tertentu untuk dijual ke para pelanggan. Modusnya, sabu cair dimasukkan ke botol air mineral yang membuat orang awam tak menyangka jika di dalamnya adalah sabu cair.

Melihat barang buktinya, ahli kimia farmasi BNN, Kombes Mufti Djusnir mengatakan ada dua kemungkinan bentuk produksinya. Pertama, sabu kristal dicairkan dengan proses kimia tanpa menghilangkankandungan yang ada, caranya bisa dengan injeksi alat suntik.

Kedua, cairan itu dikonsumsi dengan perantara lain yang juga berbentuk cai sperti air mineral dan minuman ringan lainnya. Modus seperti ini pun dilansir Liputan6 adalah yang pertama ditemukan di Indonesia.


Image source: Tribunnews

Baca juga: Kronologi Polisi Jakbar 'Digebuk' Bandar Narkoba Hingga Tengkorak Retak dan Tak Sadarkan Diri

"Nah karena sabu itu yang methamphetamin itu dia sangat mudah larut di dalam air. Itu mudah sekali dengan dimasukkan saja, kocok sedikit, sudah larut," tutur Mufti, Selasa (19/12). "Kan orang lain enggak nyangka,"

Bahayanya secara kasat mata, sabu cair tidak ada bedanya dengan air mineral biasa karena methamphetamine sangat mudah larut dalam air. Menurut Mufti, satu-satunya cara orang awam membedakanya adalah lewat rasa.

"Kalau dari rasa itu bisa. Rasanya pasti beda sekali dengan air mineral yang netral. Seperti kita kan ada minuman yang ada air oksigennya itu. Itu bisa terasa, walaupun airnya jernih tapi begitu kita minum wah beda nih. Walaupun bening pasti beda bisa dirasa," jelas dia.

Selain itu, kandungan methamphetamine justru tidak menghilangkan dahaga atau malah membuat dehidrasi. "Justru dengan minum ini jadi aduh kok haus, jadi nambah lagi. Wah ini jadinya mereka lebih berisiko ini. Mereka resikonya tinggi," Mufti menandaskan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membahas banyak hal saat jadi pembicara di pembicara di Ponpes Daar El Qolam 3, Desa Pangkat, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Sabtu (20/1)....
  • HOT !
    Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama dengan wakilnya Sandiaga Uno kerap kali mengundang pro dan kontra di kalangan masyarakat. Mulai dari OK Otrip, Becak yang akan beroperasi di Jakarta hingga down payment (DP) 0 rupiah. Meski demikian, Anies tak ingin ambil pusing soal perdebatan tersebut, baginya adanya pro kontra sudah biasa dalam setiap kebijakan....
  • HOT !
    Manusia mengirimkan berbagai material dan stasiun ke ruang angkasa untuk penelitian. Namun tak jarang yang dikirimkan ke luar angkasa akan kembali jatuh ke Bumi dengan berbagai alasan, termasuk rute orbit yang dilaluinya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : SMEnt artist

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)