home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Paling Mendasar Mengapa Indonesia Perlu Terus Dukung Palestina

Jumat, 08 Desember 2017 11:44 by reinasoebisono | 1838 hits
Alasan Paling Mendasar Mengapa Indonesia Perlu Terus Dukung Palestina
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Reaksi Indonesia terhadap aksi sepihak yang dilakukan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel juga membuat masyarakat dan dunia internasional bersimpati. Namun ternyata dari sisi sejarah, Indonesia memang sepatutnya mendukung Palestina.

Tidak hanya simpati kemanusiaan, namun ada alasan historikal mengapa Indonesia perlu terus mendukung Palestina. Terutama karena penderitaan warga Palestina yang wilayahnya terus dicaplok Israel, termasuk pemindahan Kedubes AS ke Yerusalem.

Melansir Detik, Palestina, bersama Mesir menjadi pihak yang mengakui paling awal kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Meski waktu itu Palestina belum menjadi sebuah negara dan merdeka, pihaknya tetap mengakui Indonesia sebagai sebuah negara.

Baca juga: Alasan Model Vulgar Marisa Papen Berfoto Bugil di Depan Tembok Ratapan Yerusalem

"Saat itu Palestina memang belum jadi negara, belum merdeka. Orang-orang arab yang ada di sana yang merupakan Liga Arab mengakui kemerdekaan kita. Kita harus menghormati pengakuan dari mereka tersebut," kata sejarawan UI Rusdi Hoesin dalam perbincangan, Jumat (8/12).

Rusdi mengatakan, selain karena jasa Palestina yang telah mengakui kemerdekaan Indonesia, ada ketidaksetujuan besar dari kalangan masyarakat Indonesia mengenai kembalinya orang-orang Yahudi ke tanah Yerusalem.

Sejak beratus-ratus tahun lamanya tanah Yerusalem ditinggali oleh orang-orang Arab. Ketenangan itu diusik pasca perang dunia kedua saat orang-orang Yahudi dibantu Inggris datang ke sana dan mendirikan negara Israel.

"Banyak yang tidak setuju kalau Yahudi kembali ke situ. Apa urusannya dia mengusai wilayah yang isinya adalah orang-orang arab," kata Rusdi. Deklarasi kemerdekaan Palestina sendiri dilakukan pada tahun 1988 di mana Yasser Arafat menjadi presiden pertamanya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Gilang, fetish kain jarik akhirnya berhasil ditangkap pihak kepolisian. Gilang ditangkap saat berada di kampung halamannya, Kapuas, Kalimantan Tengah pada Kamis (6/8/2020)....
  • HOT !
    Presiden Amerika Serikat Donald Trump adalah satu dari para tokoh yang masih meremehkan bahaya dari COVID 19. Bahkan hal itu diucapkannya dalam sesi wawancara bersama dengan Fox News beberapa waktu lalu....
  • HOT !
    Beberapa wilayah di Korea Selatan, termasuk ibukota Seoul, diguyur hujan lebat sejak akhir pekan kemarin. Hal itu membuat air sungai Han meluap dan membuat sejumlah wilayah mengalami banjir bandang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)