SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terungkap Mengapa Rok Seragam Sekolah Perempuan Jepang Terlihat Sangat Pendek

Minggu, 26 November 2017 09:24 by reinasoebisono | 4621 hits
Terungkap Mengapa Rok Seragam Sekolah Perempuan Jepang Terlihat Sangat Pendek
Image source: Dramafever

DREAMERS.ID - Negara Jepang tidak kalah terkenal dengan gaya busana ikoniknya. Harajuku Style sudah mendunia sejak belasan tahun silam dan sempat dianggap sebagai gaya ‘anak gaul’ di sana.  Namun tak terkecuali di lini busana sekolah.

Jika di Indonesia, seragam sekolah memiliki aturan khusus yang sebenarnya wajib dipatuhi oleh para murid, terutama soal panjang pendeknya rok seragam. Namun Jepang justru terkenal dengan model rok seragam sekolah mereka yang sangat pendek.

Seragam tradisional mereka yang bernama seifuku atau yang lebih dikenal dengan seragam sailor mengalami perubahan drastis. Melansir Liputan6, budaya memakai rok pendek di sekolah sebenarnya sudah mulai berkembang sejak tahun 90-an.

Baca juga: Terungkap Fakta-fakta Shinkansen yang Bakal Buat Kamu Geleng Kepala

Saat itu, ada tren berbusana yang disebut gyaru atau gal yang ditandai dengan rok super pendek mereka. Pengaruh itu akhirnya mendorong para siswi di Jepang mulai memotong rok mereka menjadi sangat pendek. Tren ini awalnya dipopulerkan oleh artis dan penyanyi ternama Namie Amuro.

Meski begitu, sebenarnya sekolah di Jepang memiliki peraturan untuk rok yang dipakai muridnya.Biasanya sekolah menentukan ukuran panjang rok lima hingga sepuluh sentimeter di atas lutut.


Image source: Liputan6

Jika mereka kedapatan memotong rok melebihi ketentuan yang ditetapkan, mereka akan diberi hukuman. Namun tak sedikit pula siswi Jepang mengakali rok mereka dengan dinaikkan atau dilipat ke atas dengan penguat ikat pinggang dan menutupinya dengan blazer atau cardigan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kamis (19/9) lalu terjadi dua kali gempa berkekuatan 6 skala richter dari Laut Jawa. Gempa ini diinformasikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berada lebih dari kedalaman 300km yang dinilai tidak biasa....
  • HOT !
    Jika biasanya area apartemen mewah dikelilingi oleh fasilitas dan suasana berkelas dan mahal, lain halnya dengan salah satu area apartemen di kawasan Jakarta Pusat satu ini....
  • HOT !
    Publik tengah dihebohkan dengan polisi Korea Selatan yang dikatakan telah menemukan pelaku kasus pembunuhan paling keji di Negeri Ginseng. Namun pada Kamis (19/9), polisi menyatakan bahwa pria 56 tahun yang diidentifikasi sebagai tersangka utama kasus tersebut membantah terlibat dalam pembunuhan berantai....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)