SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terungkap Mengapa Rok Seragam Sekolah Perempuan Jepang Terlihat Sangat Pendek

Minggu, 26 November 2017 09:24 by reinasoebisono | 4801 hits
Terungkap Mengapa Rok Seragam Sekolah Perempuan Jepang Terlihat Sangat Pendek
Image source: Dramafever

DREAMERS.ID - Negara Jepang tidak kalah terkenal dengan gaya busana ikoniknya. Harajuku Style sudah mendunia sejak belasan tahun silam dan sempat dianggap sebagai gaya ‘anak gaul’ di sana.  Namun tak terkecuali di lini busana sekolah.

Jika di Indonesia, seragam sekolah memiliki aturan khusus yang sebenarnya wajib dipatuhi oleh para murid, terutama soal panjang pendeknya rok seragam. Namun Jepang justru terkenal dengan model rok seragam sekolah mereka yang sangat pendek.

Seragam tradisional mereka yang bernama seifuku atau yang lebih dikenal dengan seragam sailor mengalami perubahan drastis. Melansir Liputan6, budaya memakai rok pendek di sekolah sebenarnya sudah mulai berkembang sejak tahun 90-an.

Baca juga: Bikin Merinding, Salam Terakhir dari Burger King untuk McDonalds yang Tutup Gerai Ini Simpan Pesan Tersembunyi

Saat itu, ada tren berbusana yang disebut gyaru atau gal yang ditandai dengan rok super pendek mereka. Pengaruh itu akhirnya mendorong para siswi di Jepang mulai memotong rok mereka menjadi sangat pendek. Tren ini awalnya dipopulerkan oleh artis dan penyanyi ternama Namie Amuro.

Meski begitu, sebenarnya sekolah di Jepang memiliki peraturan untuk rok yang dipakai muridnya.Biasanya sekolah menentukan ukuran panjang rok lima hingga sepuluh sentimeter di atas lutut.


Image source: Liputan6

Jika mereka kedapatan memotong rok melebihi ketentuan yang ditetapkan, mereka akan diberi hukuman. Namun tak sedikit pula siswi Jepang mengakali rok mereka dengan dinaikkan atau dilipat ke atas dengan penguat ikat pinggang dan menutupinya dengan blazer atau cardigan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pemerintah Taizhou di provinsi Zhejiang, Tiongkok telah mengumumkan obat pertama untuk mengatasi virus corona jenis baru atau COVID 19. Penggunaan antivirus ini telag disetujui oleh National Medical Products Administration of China....
  • HOT !
    Sebelumnya diberitakan ada satu WNI yang terkena virus corona di Singapura. Kini Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura mengonfirmasi jika satu WNI tersebut, yang terjangkit Covid 19 telah dinyatakan sembuh....
  • HOT !
    Bagi penggemar budaya Jepang pasti sudah tidak asing lagi dengan boneka Teru Bozu, atau boneka populer di Jepang yang dipercaya dapat membawa cuaca cerah bagi yang memasangnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)