home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Pola Hidup, Hal Inilah Penyebab Kematian Terbesar di Dunia

Jumat, 20 Oktober 2017 19:00 by reinasoebisono | 1224 hits
Bukan Pola Hidup, Hal Inilah Penyebab Kematian Terbesar di Dunia
Image source: Sindo News

DREAMERS.ID - Hal yang lazim terjadi untuk kematian manusia biasanya karena penyakit. Penyakit itu pun bisa karena bermacam faktor. Penyebab yang paling memicu di zaman sekarang adalah pola hidup tidak sehat bahkan sejak muda.

Tapi ternyata bukan pola hidup seperti makanan, kurang olah raga atau istirahat yang jadi sumber penyakit mematikan, namun studi kesehatan baru mengungkapkan jika penyebabnya adalah polisu lingkungan.

Tak hanya polusi udara, namun polusi tanah hingga air juga bisa menjadi penyebab kematian terbesar di dunia setiap tahunnya. Bahkan, angka kematiannya bisajadi lebih besar dibanding karena bencana alam, peperangan, kelaparan, TBC mau pun malaria.

Menurut laporan yang dikeluarkan The Lancet Commission on Polution and Health tersebut, polusi udara sejauh ini menjadi penyebab terbesar dibanding jenis polusi lainnya, dengan kematian hingga 6,5 juta orang pada 2015. Sementara polusi air, menyebabkan kematian 1,8 juta orang, dan polusi di tempat kerja sebanyak 0,8 juta orang. 

Baca juga: Indonesia Masuk 5 Besar Negara Penyumbang Kematian Akibat Polusi

Tak hanya jumlah kematian dan jenis polusinya, melansir CNN, laporan ini juga memetakan negara yang industrinya berkembang pesat hingga menyebabkan banyak dampak polusi. Negara yang masuk terkontaminasi berbahay itu adalah India, Pakistan, China, Bangladesh, Madagaskar dan Kenya.

"Polusi berdampak besar bagi yang miskin dan rapuh," ujar Dr. Olusoji Adeyi, komisioner dan direktur kesehatan, nutrisi dan populasi global World Bank Group yang juga mengatakan anak-anak lah yang paling rentan terkena dampak polusi.

Komisioner lainnya lebih jauh memaparkan laporan akan polusi tersebut beranjak dari dua sumber yang terpercaya, yakni World Health Organization dan The Institute for Health Metrics and Evaluation yang berbasis di University of Washington dan didanai Gates Foundation.

Data tersebut dikumpulkan dengan teknologi satelit dan monitoring lainnya dan lebih tinggi dari masa silam. Industri modern, kota modern dan gaya hidup modern adalah penyebab dasar akan berbagai jenis bentuk polusi, mulai dari udara, kimia hingga tempat kerja.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)