home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenalan dengan 'Kode-kode' Koruptor Saat Melancarkan Aksi yang Berbeda di Tiap Kasus

Selasa, 10 Oktober 2017 15:00 by reinasoebisono | 1627 hits
Kenalan dengan 'Kode-kode' Koruptor Saat Melancarkan Aksi yang Berbeda di Tiap Kasus
Image source: Tempo.co

DREAMERS.ID - Dengan berbagai alasan, para pelaku korupsi yang memakan uang rakyat menggunakan kode-kode tersendiri saat membahas transaksi. Utamanya menghindari orang lain mendengar pembicaraan rahasia tersebut hingga mengelabui penyadapan.

Yang sempat mencuri perhatian adalah rekaman kode ‘Ahok’ yang disebut Hakim Mahkamah Konstitusi, Patrialis Akbar yang menyebut pengusaha impor daging sebagai Ahok karena memiliki nama yang sama, yaitu Basuki meski nama belakangnya adalah Hariman.

Melansir Detik, ada banyak kode lain yang kadang tak terpikirkan oleh orang awam. Contohnya adalah Apel Malang dan Apel Washington yang disebut dalam kasus suap Wisma Atlet oleh Angelina Sondakh. Dua buah ini merujuk pada ‘Rupiah’ dan ‘Dollar AS’.

Baca juga: Tanggapan Presiden Jokowi Terkait Ditangkapnya Menteri KKP Edhy Prabowo Oleh KPK

‘Pelumas’ dan ‘Semangka’ memiliki makna ‘uang’ dan ‘permintaan dana’, masih dalam skandal korupsi Wisma Atlet. Tak hanya di bidang olahraga dan pendidikan, korupsi juga terjadi di lembaga keagamaan negara yang ternyata memiliki kode tersirat lainnya.

‘Ustaz’, ‘pesantren’ dan ‘kiai’ digunakan dalam korupsi pengadaan Al-Qur’an yang memiliki arti pejabat Kementerian Agama, partai politik dan anggota DPR dalam kasus tersebut. Dalam kasus korupsi jalan di Maluku juga menggunakan istilah bidang agama.

Sebut saja ‘Liqo’ dan ‘juz’ yang ternyata diartikan sebagai ‘pertemuan’ dan ‘jumlah uang’ dalam kasus dengan tersangka politikus PKS Yudi Widiana ini. Kata ‘pengajian’ juga diketahui muncul dalam kasus suap anggota DPR, Aditya Anugrah Moha ke Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Sudiwardono.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)