home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diiringi Pendeta hingga Larangan Sepatu, Ini Deretan Kisah Gunung Agung Bali yang Tengah Erupsi

Sabtu, 23 September 2017 15:12 by reinasoebisono | 2955 hits
Diiringi Pendeta hingga Larangan Sepatu, Ini Deretan Kisah Gunung Agung Bali yang Tengah Erupsi
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Aktivitas Gunung Agung di Bali meningkat menyebabkan 9.421 warga Kabupaten Karangasem, Klungkung dan Buleleng mengungsi. Awal pekan lalu, gunung ini meningkat statusnya menjadi level awas karena dalam sebulan terakhir aktivitas kegempaan Gunung Agung menjadi yang terbesar sejak meletus tahun 1963 yang menewaskan 1.148 orang.

"Sebaiknya tidak ada kegaitan masyarakat umum di dalam radius tertentu karena kemungkinan letusan," jelas Sutopo Purwo Nugroho dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, BNPB.


Letusan Gunung Agung Bali tahun 1963 (Detik)

Namun ada beberapa kisah yang jarang diketahui publik dan sebagian ‘wajib’ dijalani oleh masyarakat yang berkunjung ke Gunung Bali. Salah satu yang paling terkenal adalah ketika Gunung Agung meletus, Pura Besakih tidak tersentuh sama sekali karena diyakini sebagai tempat persemayaman para dewa.

Melansir Detik, Gunung Agung di Bali ini ainggap sangat keramat sehingga para pendaki harus diiringi pendeta dan membawa sesaji agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan, sekaligus menghormati ‘penunggu’ di sana.

Baca juga: Heboh Leonardo DiCaprio dan Tobey Maguire di Bali

Pendaki juga tak boleh memakai sepatu, arloji hingga perhiasan dan membawa uang karena semua itu dianggap penghinaan besar untuk para dewa. Sejarah Gunung Agung Bali pun cukup menarik karena dipercaya sebagai pecahan Mahameru di India.

Mahameru dipercaya terpecah menjadi 3 gunung di Indonesia, yakni Semeru, Agung dan Rinjani. Kepercayaan lainnya adalah Gunung Agung Bali disebut dibelah oleh Dewa Pasupati. Di sana juga terdapat sumber mata air yang dianggap suci selama pendakian dari Pura Besakih.

Letusan Gunung Agung pada 17 Maret 1963 menewaskan sekitar 1.100 orang dan terdapat dua letusan besar. Bencana itu dianggap bersifat spiritual dan terjadi karena Dewa murka oleh tanah Bali yang penuh dosa

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)