home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diduga untuk 'Tangkap' Pengendara Nakal, Ini Fungsi CCTV di Belakang Bus Transjakarta

Jumat, 22 September 2017 15:12 by zia92 | 1732 hits
Diduga untuk 'Tangkap' Pengendara Nakal, Ini Fungsi CCTV di Belakang Bus Transjakarta
Image source: Wikipedia

DREAMERS.ID - Netizen Indonesia belakangan dihebohkan dengan sebuah pesan yang beredar di media sosial. Ada yang mengaku dikenakan denda oleh kepolisian karena ketahuan memasuki jalur bus transjakarta atau busway dengan disertakan bukti foto yang diduga berasal dari kamera CCTV belakang bus.

Dalam pesan yang beredar itu, diceritakan salah satu teman yang membuat pesan tersebut mengaku dikenakan denda Rp 1 juta saat hendak mengurus perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan bermotor (STNK). Denda itu dikenakan karena pemilik kendaraan disebut melanggar aturan dengan memasuki jalur bus transjakarta.

Berikut isi pesan yang tersebar di media sosial itu.

"Tadi siang sy ketemu teman yg juga tetangga sy di Cengkareng ks INGATKAN sy bahwa jgn masuk/trobos jalan BUSWAY soalnya kemaren sekitar tgl.12.09.2017 sewaktu teman sy mau perpanjang STNK mobil didenda Rp.1jt sambil diks bukti 1foto mbl milik teman msk BUSWAY mlm hr sekitar jam.23 dibln Maret 2017 n hrs dibayar dulu (seblm byr STNK tdk dpt diperpanjang) n teman tanya petugas loket kok bs ada rekaman CCTV, pd hal sdh tengah mlm n jalan tdk ada polisi jaga n petugas bilang dibelakang mobil BUSWAY dipasang CCTV langsung CONECT ke PUSAT n harap SEBARKAN/SAMPAIKAN BERITA INI kesemua teman2 n AGAR KITA SEMUA WAJIB DISPLIN N TAAT PERATURAN n TERTIB LALU LINTAS n NKRI PASTI MAJU."

Baca juga: Catat! Bus Transjakarta Hanya Operasikan 13 Rute Ini Selama 2 Minggu ke Depan

Menanggapi hal tersebut, Staf Humas PT Transjakarta Wibowo menjelaskan memang benar pihaknya memasang unit kamera closed-circuit television atau CCTV di bagian belakang bus mereka. Namun fungsinya sampai saat ini belum untuk merekam aktivitas pelanggar yang menerobos jalur bus tersebut.

"Informasi seperti itu hoaks. (Kamera) CCTV memang ada, namun sampai saat ini hanya untuk merekam kejadian, belum sampai pada tahap seperti informasi yang beredar itu," kata Wibowo mengutip Kompas, Jumat (22/9) pagi.

Kejadian yang dimaksud Wibowo adalah peristiwa yang berkaitan dengan operasional layanan bus transjakarta. Misalnya, ada kecelakaan yang melibatkan kendaraan lain dengan bus transjakarta di bagian belakang.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pada tanggal 24 – 30 September 2020, Lembaga Survei Indikator Politik melakukan survei pemilihan capres yang akan maju di tahun 2024. Survei yang melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak....
  • HOT !
    Sekarang ini internet seperti sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat, bahkan ada yang menganggap dirinya tidak bisa hidup tanpa internet. Oleh karena itu kita pasti akan sangat merasa beruntung jika bisa mendapatkan koneksi internet gratis untuk waktu yang lama....
  • HOT !
    Pangeran Arab Saudi, Nawaf bin Saad bin Saud bin Abdulaziz Al Saud dikabarkan wafat pada Selasa (20/10). Kematiannya menambah panjang daftar pangeran Arab yang meninggal dunia di tahun 2020 ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)